PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH PIRAYA NAWIN KLONGHIN WITYA PROVINSI PATANI THAILAND SELATAN

MISS PARIDAH DOLOH, NIM. 12410183 (2016) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH PIRAYA NAWIN KLONGHIN WITYA PROVINSI PATANI THAILAND SELATAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH PIRAYA NAWIN KLONGHIN WITYA PROVINSI PATANI THAILAND SELATAN)
12410183_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (461kB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH PIRAYA NAWIN KLONGHIN WITYA PROVINSI PATANI THAILAND SELATAN)
12410183_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

MISS PARIDAH DOLOH. Sistem Pendidikan Agama Islam diSekolah Piraya Nawin Klonghin Wittya Provinsi Patani Thailand Selatan (Tinjauan Materi dan Metode). Skripsi Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang Sistem Pendidikan Agama Islam di Sekolah Piraya Nawin Klonghin Wittya Provinsi Patani Thailand Selatan (Tinjauan Materi dan Metode). Kemudian hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk pengembangan sistem Pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Sekolah Piraya Nawin Klonghin Wittya Patani Thailand Selatan. Pengumpulan data menggunakan beberapa metode yaitu observasi, interview dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Subjek penelitian adalah yang menjadi subjek dan sekaligussumber informasi, adalah Kepala Sekolah Piraya Nawin Klonghin Wittya, Guru, Staf-staf lainnya dan Peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Sistem Pendidikan Agama Islam di Sekolah Piraya Nawin Klonghin Wittya baik ditinjau dari segi materi maupun metode, keduanya saling berkaitan. materi yang diberikan kepada murid dalam proses belajar mengajar pelaksanaannya dibawah koordinasi para ustadz atau guru dengan diprogram untuk murid sistem klasikal berdasarkan tingkat kelas, juga dikelompokkan materi sesuai kategorinya. Sedangkan metode yang dilakukan oleh para guru dalam melakukan proses belajar mengajar, adalah metode ceramah, metode tanya jawab, metode hafalan, metode diskusi, metode pemberian tugas belajar, metode kisah dan metode latihan. Namun metode yang sering digunakan oleh para guru adalah metode ceramah dan metode kisah. 2) Hasil Sistem Pendidikan Agama Islam adalah baik/berhasil. Ini dapat dilihat berdasarkan kenyataan kenaikan kelas dalam bentuk presentase menunjukkan rata-rata sebanyak 95% sedangkan ujian negara juga mencapai 95% dari peserta didik yang mengikuti ujian, dan dari kelulusan tersebut dapat melanjutkan studi di perguruan tinggi baik dalam negeri maupun luar negeri. 3) Pemaharuan-pembaharuan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Piraya Nawin Klonghin Wittya yaitu para guru yang memiliki jiwa semangat dalam melaksanakan penyampaian materi di kelas. Selain itu didukung beberapa peserta didik yang gemar dan senang serta mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.H. Tasman, M.A.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 13:52
Last Modified: 22 Aug 2016 13:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21732

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum