PENGARUH PEMBELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN TERHADAP RELIGIUSITAS ASPEK AMAL SISWA DALAM ORGANISASI IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN

M BAHRUL AMIQ, NIM. 12410186 (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN TERHADAP RELIGIUSITAS ASPEK AMAL SISWA DALAM ORGANISASI IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN TERHADAP RELIGIUSITAS ASPEK AMAL SISWA DALAM ORGANISASI IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN)
12410186_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN TERHADAP RELIGIUSITAS ASPEK AMAL SISWA DALAM ORGANISASI IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN)
12410186_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB)

Abstract

M. Bahrul Amiq. Pengaruh Pembelajaran Kemuhammadiyahan terhadap Religiusitas Aspek Amal Siswa dalam Organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah di SMP Muhammadiyah 1 Prambanan. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah religiusitas aspek amal siswa dalam organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah. Religiusitas aspek amal atau perilaku keagamaan siswa yang menjadi pengurus menjadi pandangan setiap siswa. Teknologi dan pengetahuan di era modern ini sangat mudah didapatkan baik yang positif maupun yang negatif. Perilaku keagamaan siswa yang sangat mempengaruhi apa saja yang dipelajarinya. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pengaruh pembelajaran kemuhammadiyahan terhadap religiusitas aspek amal siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran kemuhammadiyahan terhadap religiusitas aspek amal siswa dalam organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah di SMP Muhammadiyah 1 Prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa yang menjadi penguru Ikatan Pelajar Muhammadiyah di SMP Muhammadiyah 1 Prambanan sebanyak 24 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi dan angket. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan Pembelajaran Kemuhammdiyahan di SMP Muhammdiyah berjalan dengan baik dari adanya perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi berjalan dengan baik. (2) Ada pengaruh positif yang signifikan antara pembelajaran Kemuhammadiyahan terhadap Religiusitas Aspek Amal Siswa dalam Organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah di SMP Muhammadiyah 1 Prambanan. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,86 sementara rtabel 5% sebesar 0,207, maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga bisa dikatakan bahwa hubungan kedua variabel tersebut signifikan antara pembelajaran kemuhammadiyahan dengan religiusitas aspek amal siswa dalam organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah di SMP Muhammadiyah 1 Prambanan. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 20 butir soal terdapat 20 butir soal terbukti valid, sedang hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,88 dan dinyatakan reliabel. (3) terdapat Faktor pendukungnya adalah Faktor pendukung internal yaitu kesiapan diri siswa baik secara fisik maupun psikis dalam kegiatan pembelajaran kemuhammadiyahan, kesiapan dari guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Faktor penghambat dalam upaya pengaruh pembelajaran kemuhammadiyahan terhadap religiusitas aspek amal adalah Perhatian orang tua atas perilaku anaknya, siswa yang tingkah lakunya kurang baik yang mengganggu siswa lain ketika kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Munawwar Khalil, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kemuhammadiyahan, Religiusitas, IPM
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 13:53
Last Modified: 22 Aug 2016 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21733

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum