PENGARUH METODE MAKE A-MATCH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII G SMPN 1 PACITAN TAHUN AJARAN 2015/2016

SISKA INDRIANA, NIM. 12410198 (2016) PENGARUH METODE MAKE A-MATCH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII G SMPN 1 PACITAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE MAKE A-MATCH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII G SMPN 1 PACITAN TAHUN AJARAN 2015/2016)
12410198_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE MAKE A-MATCH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII G SMPN 1 PACITAN TAHUN AJARAN 2015/2016)
12410198_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Siska Indriana. Pengaruh Metode Make A-Match Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Pacitan Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016.Latar belakang penelitian ini adalah dalam pembelajaran PAI seringkali mengalami hambatan dalam penyampaian materi. Hambatan itu disebabkan kurang dikemasnya pembelajaran PAI dengan metode yang menarik, menantang, dan menyenangkan. kurangnya kreatifitas guru dalam menyajikan materi menggunakan metode-metode yang modern, sehingga mempengaruhi minat belajar siswa.Guru PAI kebanyakan masih menggunakan metode konvensional sehingga pembelajaran kurang menarik dan kurang menyenangkan.Salah satu upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran PAI menggunakan salah satu pembelajaran kooperatif yaitu dengan metode Make AMatch. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode Make A-Match dan seberapa besar pengaruh metode Make A-Match terhadap minat belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan pembelajaran PAI menggunakan metode Make A-Match dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.Populasi penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Pacitan dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa.Pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis instrument meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas minat belajar menunjukkkan dari 20 pernyataan terdapat 18 pernyataan terbukti valid, sedangkat validitas metode Make A-Match menunjukkan dari 20 pernyataan terdapat 19 terbukti valid. Sedangkan hasil analisis reliabilitas minat belajar menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,861 dan 0,863 untuk reliabilitas metode Make A-Match.Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Pelaksanaan penggunaan Metode Make A-Match dalam pembelajaran PAI dibagi menjadi 3 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi/penilaian. Pada tahap perencanaan melakukan penyusunan RPP.Pada tahap pelaksanaan pembelajaran dilakukan sesuai dengan RPP yang telah disusun. Dan pada tahap evaluasi dilakukan pre-test dan post-test. Metode Make A-Match sangat relevan terhadap pembelajaran PAI terbukti dengan peningkatan rata-rata minat yang cukup tinggi pada kelas eksperimen dari 56,67 menjadi 63,33, sedangkan pada kelas kontrol dari 56,43 menjadi 56,50. (2) Dilihat dari uji regresi diperoleh nilai R = 0,5312 dengan taraf signifikansi sebesar 0,001 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara metode Make A-Match terhadap minat belajar siswa. Sedangkan Koefisien Determinasi sebesar 0,282 atau 28,2% dipengaruhi metode Make A-Match dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Suwadi, M.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Make A-Match, Minat Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 13:55
Last Modified: 22 Aug 2016 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21734

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum