PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM SPIRITUAL COMPANY DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN KARYAWAN WAROENG STEAK AND SHAKE YOGYAKARTA

NUWAIROTUL LAYALIYA, NIM. 12410225 (2016) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM SPIRITUAL COMPANY DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN KARYAWAN WAROENG STEAK AND SHAKE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM SPIRITUAL COMPANY DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN KARYAWAN WAROENG STEAK AND SHAKE YOGYAKARTA)
12410225_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (29MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM SPIRITUAL COMPANY DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN KARYAWAN WAROENG STEAK AND SHAKE YOGYAKARTA)
12410225_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nuwairotul Layaliya (12410225). Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Spiritual Company dan Implikasinya terhadap Perilaku keagamaan Karyawan Waroeng Steak and Shake Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2016. Latar belakang penelitian ini adalah penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam menjadi suatu hal yang sangat urgen dan penting untuk dilakukan sebagai upaya membentengi anak bangsa dari degradasi moral. Umumnya penanaman nilai-nilai PAI dilakukan dalam instansi pendidikan. Kenyataan di lapangan menunjukkan degradasi moral terus melanda terutama pada kalangan pelajar. Sehingga penelitian ini bermaksud mengetahui bagaimana proses penanaman nilai-nilai PAI yang dilakukan selain dalam sebuah instansi pendidikan, yakni dalam sebuah perusahaan Waroeng Steak and Shake Yogyakarta dengan konsep spiritual company sebagai dasar dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam rangka pembentukan akhlak mulia bagi karyawan agar tehimdar dari degradasi moral. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana proses penanaman nilai-nilai PAI yang dilakukan dan bagaimana implikasinya terhadap perilaku keagamaan karyawan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di Waroeng Steak and Shake Yogyakarta. pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisi data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, memberikan makna terhadap data yang berhaisl dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Dalam penelitian ini menunjukkan terjadinya proses penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam yang berjalan efektif. Hasil penelitian ini adalah (1) konsep spiritual company yang dikembangkan dalam perusahaan ini sejalan dengan ajaran Islam. Melihat dari tujuan spiritual company yakni memotivasi karyawan agar memilki dasar yang jelas kepada Al-Qur‟an dan sunnah, serta nurani masing-masing dalam bekerja. (2) Penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam yang dilakukan meliputi ruang lingkup PAI, nilai aqidah, nilai ibadah, dan nilai akhlak. Metode yang digunakan yakni pembiasaan, keteladanan, pemberian ganjaran, pemberian hukuman, ceramah, diskusi, dan kerja lapangan. Evaluasi yang dilakukan sesuai dengan prinsip evaluasi pendidikan agama Islam. (3) Dengan adanya penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam sangat mempengaruhi perilaku kegamaan karyawan Waroeng Steak and Shake Yogyakarta meliputi nilai aqidah; kejujuran, meliputi nilai akhlak; senang membantu orang lain, gemar bersedekah, berhenti merokok, meliputi nilai ibadah; meningkatkan membaca Al-Qur‟an, meningkatkan ibadah sholat, berperilaku sopan santun, dan giat bekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 13:58
Last Modified: 22 Aug 2016 13:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21736

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum