KREATIVITAS MAHASISWA MAGANG II JURUSAN PAI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE

LATHIFAH VAJARINI VASIHATI AINUL RIRIS R, NIM. 12410251 (2016) KREATIVITAS MAHASISWA MAGANG II JURUSAN PAI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KREATIVITAS MAHASISWA MAGANG II JURUSAN PAI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE)
12410251_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (KREATIVITAS MAHASISWA MAGANG II JURUSAN PAI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE)
12410251_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

LATHIFAH VAJARINI. Kreativitas Mahasiswa Magang II Jurusan PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya motivasi belajar siswa karena kegiatan belajar mengajar berlangsung secara monoton. Menjadi seorang guru kreatif yang berwawasan ICT, yang tentunya bisa menciptakan media pembelajaran berbasis teknologi dapat menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Perkembangan ICT yang begitu pesat harus diimbangi dengan SDM yang kreatif dan ahli membuat strategi pembelajaran aktif. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan telah mengupayakan mahasiswanya menjadi seorang pendidik yang mempunyai keahlian dalam menciptakan pembelajaran aktif melalui pelatihan dan perancangan desain multimedia pembelajaran. Pembahasan penelitian ini mengenai kegiatan magang II mahasiswa jurusan PAI yang menggunakan media Lectora Inspire sebagai wujud kreativitasnya dalam praktik pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas mahasiswa PAI dalam menggunakan media Lectora Inspire. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa PAI dalam mempersiapkan diri sebagai calon guru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), menggunakan metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari dosen pembimbing dan mahasiswa magang II. Observasi dilakukan selama sepuluh kali praktik pembelajaran untuk mengetahui kreativitas yang beragam dari masing-masing mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penggunaan media Lectora Inspire oleh mahasiswa PAI dalam pelaksanaan magang II terbukti membantu mereka dalam berkarya yang bisa berbentuk sebuah media pembelajaran. (2) Di samping itu guru perlu mempunyai pemahaman tentang bagaimana menggunakan media pembelajaran dengan baik. Media pembelajaran yang baik harus mempunyai konsep dan manfaat untuk menunjang proses pembelajaran secara keseluruhan, membuat penyajian menjadi lebih konkrit, menjadikan proses komunikasi lebih interaktif, hasil pembelajaran yang mudah disimpan dan bisa dipelajari lagi sewaktu-waktu, serta meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan potensi. (3) Kreativitas mahasiswa PAI dalam bentuk media pembelajaran Lectora Inspire ini dapat membantu pelaksanaan praktik pembelajaran, memudahkan dalam menyajikan materi dengan fitur flowchart dan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dengan fitur soal-soal evaluasi dan game edukatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch. Fuad, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Lectora Inspire, Kreativitas Mahasiswa PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 15:33
Last Modified: 22 Aug 2016 15:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21741

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum