INTEGRASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM MATERI PAI SMP KELAS VII DAN IMPLIKASINYA TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 2 BANJARNEGARA

FARKHI MUFAROKHAH, NIM. 12410252 (2016) INTEGRASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM MATERI PAI SMP KELAS VII DAN IMPLIKASINYA TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 2 BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM MATERI PAI SMP KELAS VII DAN IMPLIKASINYA TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 2 BANJARNEGARA)
12410252_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM MATERI PAI SMP KELAS VII DAN IMPLIKASINYA TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 2 BANJARNEGARA)
12410252_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)

Abstract

FARKHI MUFAROKHAH. Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Materi PAI SMP Kelas VII dan Implikasi terhadap Sikap Peduli Lingkungan di SMP Negeri 2 Banjarnegara. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah kasus kerusakan lingkungan hidup semakin parah, khususnya yang terjadi di Indonesia. Untuk melakukan hal tersebut, maka dilakukan pembenahan untuk mengatasinya. Salah satu caranya yaitu melalui dunia pendidikan yang berkontribusi dalam melakukan pembenahan. Pembenahan dilakukan dengan cara mengintegrasikan pendidikan lingkungan hidup dalam proses pembelajaran. Lembaga pendidikan yang telah menerapkan hal tersebut dan menjadi sekolah panutan penerapan PLH yaitu di SMP Negeri 2 Banjarnegara. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan integrasi PLH dalam materi SMP kelas VII dan hasil implikasi PLH terhadap sikap peduli lingkungan di SMP Negeri 2 Banjarnegara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang SMP Negeri 2 Banjarnegara. Subjek penelitian ini yaitu Waka Kurikulum, Guru mata pelajaran PAI kelas VII, dan siswa SMP Negeri 2 Banjarnegara. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan menelaah seluruh data, mereduksinya, menyajikan, dan menyimpulkan data yang ada. Dalam penarikan kesimpulan, penulis menggunakan teknik triangulasi, yaitu dengan membandingkan informasi yang diperoleh dari beberapa data sehingga diperoleh data yang absah. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Integrasi pendidikan lingkungan hidup dalam materi PAI SMP yaitu mengintegrasikan pendidikan materi pendidikan lingkungan hidup dalam proses pembelajaran dengan materi PAI kelas VII. Adapun integrasi pendidikan lingkungan hidup terintegrasi yaitu materi thaharah; asmaul husna; kerja keras, tekun, ulet, dan teliti; dan misi dakwah Nabi Muhammad SAW. (2) Implikasi pendidikan lingkungan hidup terhadap sikap peduli lingkungan dapat terlihat dalam pembelajaran dan di luar pembelajaran. Dalam pembelajaran contohnya: siswa mengepel lantai, menghapus papan tulis, dll. Sedangkan di luar pembelajaran yaitu membuang sampah pada tempatnya, melakukan gerakan hemat air, melakukan perawatan taman, dll.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Sangkot Sirait, M.Ag
Uncontrolled Keywords: PLH, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 15:35
Last Modified: 22 Aug 2016 15:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21742

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum