IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKANAL - ISLAM DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BODON YOGYAKARTA

BADINGATI ISTINGANAH, NIM. 12410261 (2016) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKANAL - ISLAM DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BODON YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKANAL - ISLAM DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BODON YOGYAKARTA)
12410261_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKANAL - ISLAM DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BODON YOGYAKARTA)
12410261_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB)

Abstract

BADINGATI ISTINGANAH. Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pengembangan Kreativitas Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Al- Islam kelas IV SD Muhammadiyah Bodon Yogyakarta . Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang dari penelitian ini adalah idealnya pendekatan saintifik dalam pembelajaran bisa membuat peserta didik memiliki kreativitas yang baik. Namun kenyataannya ada siswa yang kreativitasnya masih kurang, yang dibuktikan dengan kurangnya rasa keingintahuan peserta didik ketika proses pembelajaran dan banyak peserta didik yang malu mengungkapkan gagasanya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran Pendidikan Al-Islam dan sejauhmana implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran Pendidikan Al-Islam dapat mengembangkan kreativitas peserta didik.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendekatan saintifik dalam pengembangan kreativitaspeserta didikpada pembelajaran Pendidikan Al-Islam di kelas IV SD Muhammadiyah Bodon Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan sumber data peserta didik kelas IV dan Guru Al-Islam. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi non partisipan, wawancara terbuka berstandar, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan reduksi data yang dilakukan secara sistematis, kemudian display data berupa uraian deskripif yang panjang, dan terakhir diberikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran Pendidikan Al-Islam dilakukan secara konsisten dan sistematis sesuai langkah-langkah pembelajaran mulai dari mengamati, menanya, mencoba, menalar (mengasosiasi) dan mengkomunikasi. 2)Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Al-Islam ternyata dapat mengembangkan kreativitas peserta didik. Hal ini dapat dilihat secara konsep bahwa pembelajaran dengan pendekatan saintifik termasuk dalam proses pembelajaran yang mampu mengembangkan kreativitas, karena dalam pembelajaran ini terdapat langkahlangkah yang mendukung proses belajar mengajar kreatif. Selain melihat secara konsep, dilihat juga darihasil kreativitas peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Al-Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Purnami, S.Psi, M.A.,
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Kreativitas
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 15:36
Last Modified: 22 Aug 2016 15:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21743

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum