KONSEP PENDIDIKAN TAUHID DALAM BUKU AL-MATSNAWI AN-NURI: MENYIBAK MISTERI KEESAAN ILAHI KARYA BADIUZZAMAN SAID NURSI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

RASYID ALWANI, NIM. 12410270 (2016) KONSEP PENDIDIKAN TAUHID DALAM BUKU AL-MATSNAWI AN-NURI: MENYIBAK MISTERI KEESAAN ILAHI KARYA BADIUZZAMAN SAID NURSI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN TAUHID DALAM BUKU AL-MATSNAWI AN-NURI: MENYIBAK MISTERI KEESAAN ILAHI KARYA BADIUZZAMAN SAID NURSI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
12410270_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN TAUHID DALAM BUKU AL-MATSNAWI AN-NURI: MENYIBAK MISTERI KEESAAN ILAHI KARYA BADIUZZAMAN SAID NURSI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
12410270_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

RASYID ALWANI. Konsep Pendidikan Tauhid Menurut Pemikiran Badiuzzaman Said Nursi dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Agama Islam (Telaah Buku Al-Matsawi An-Nuri; Menyibak Misteri Keesaan Ilahi). Skripsi, Yogyakarta; Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2016. Latar belakang penelitian ini adalah adanya fenomena pada era globalisasi seperti saat ini yang mendorong berbagai sikap yang cenderung pragmatis dan matrealistis. Era globalisasi yang memiliki dampak negatif yang ditimbulkan, ditandai dengan adanya kecenderungan menganggap bahwa satu-satunya yang dapat membahagiakan hidup adalah nilai material. Hal ini juga mendapat perhatian dari Ulama Turki Badiuzzaman Said Nursi pada saat ia hidup salah satunya dengan menulis Al-Matsnawi An-Nuri. untuk itu dirumuskan beberapa tujuan dari penelitian ini. (1) menjelaskan biografi Badiuzzaman Said Nursi; (2) menjelaskan bagaimana konsep pendidikan tauhid menurut Said Nursi; (3) menjelaskan bagaimana relevansi pendidikan tauhid Said Nursi dengan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library research) maka metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode deskriptifanalitik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan hermeneutis dan filosofis. Sehingga peneliti mencoba untuk menganalisis tekt yang ada dalam buku Al-Matsnawi An-Nuri. Hasil dari penelitian ini adalah (1) konsep pendidikan tauhid Said Nursi memiliki kandungan materi enam rukun iman dan empat petunjuk tauhid yaitu alam semesta, kenabian Muhammad saw, Al-Qur’an, dan fitrah atau nurani manusia. Metode pendidikan tauhid Said Nursi meliputi Nasihat, Tamsiliyah, Self Education, Qishah. Pendidikan Tauhid Said Nursi juga mengandung beberapa pendekatan yang dapat ditemukan oleh penulis yaitu meliputi Pikologis, Sosio- Cultural, Religik, Historis, Komparatif.(2)relevansi Pendidikan tauhid Said Nursi dengan Pendidikan Agama Islam dalam beberapa tinjauanpada materi yang sesuai dengan aspek akidah yaitu rukun iman yang enam.Pada pendekatannya yaitu pertama titik penekanan pendekatan yang sesuai dengan beberapa pendekatan yang berkembang saat inidanyang keduapada fungsi pendekatan pendidikan tauhid yang memiliki relevansi dalam cara mendekati obyek studi ataupun objek pendidikan untuk mengajarkan nilai-nilai agama Islam sesuai dengan PAI yang mengajarkan nilai agama Islam kepada peseta didik.Pada metodenya terletakpada upaya dan spirit yang sama dalam metode yang ada dalam PAI.Dari segi relevansi terhadaptujuan PAI terletak pada bentuk usaha Said Nursi mengarahkan imankepada Allah yang dalam PAI bertujuan mengarahkan manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.Sangkot Sirait, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Tauhid, Al-Matsnawi An-Nuri, Badiuzzaman Said Nursi, Relevansi.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 15:44
Last Modified: 22 Aug 2016 15:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21748

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum