PERAN GURU PAI DALAM MENGEFEKTIFKAN PENGGUNAAN KARTU SHALAT SEBAGAI UPAYA PEMBINAAN KESADARAN BERIBADAH DI MAN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA

AGRINA ISWARA RUMAISHA, NIM. 12410273 (2016) PERAN GURU PAI DALAM MENGEFEKTIFKAN PENGGUNAAN KARTU SHALAT SEBAGAI UPAYA PEMBINAAN KESADARAN BERIBADAH DI MAN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU PAI DALAM MENGEFEKTIFKAN PENGGUNAAN KARTU SHALAT SEBAGAI UPAYA PEMBINAAN KESADARAN BERIBADAH DI MAN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA)
12410273_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU PAI DALAM MENGEFEKTIFKAN PENGGUNAAN KARTU SHALAT SEBAGAI UPAYA PEMBINAAN KESADARAN BERIBADAH DI MAN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA)
12410273_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

AGRINA ISWARA RUMAISHA. Peran Guru PAI dalam Mengefektifkan Penggunaan Kartu Shalat Sebagai Upaya Pembinaan Kesadaran Beribadah di MAN Tempel Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah kemerosotan akhlak dan kurangnya kesadaran untuk beribadah yang menjadi fenomena yang banyak terjadi, terutama di kalangan remaja. Sekolah merupakan salah satu tempat bagi peserta didik untuk membangun kesadaran ibadah, terutama ibadah shalat. Mengingat untuk memiliki kesadaran beribadah seorang anak masih perlu untuk dibimbing dan dibina. Melalui kartu shalat sekolah berupaya membina kesadaran beribadah peserta didik. Dari latar belakang tersebut, yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana peran guru dalam mengefektifkan penggunaan kartu shalat sebagai upaya pembinaan kesadaran beribadah di MAN Tempel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kartu shalat, peran guru PAI dalam mengefektifkan penggunaan kartu shalat sebagai upaya pembinaan kesadaran beribadah, serta faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam mengefektifkan penggunaan kartu shalat tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MAN Tempel Sleman Yogyakarta, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi,dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, kemudian penyajian data, kemudian ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data dengan dua modus, yaitu dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kartu shalat di MAN Tempel ini di terapkan pada shalat dzuhur. Setiap pagi siswa mengambil map yang telah disediakan untuk masing-masing kelas yang berisikan kartu shalat dan buku presensi siswa yang diisi setiap pagi dan setelah shalat jamaah dzuhur. Kartu shalat ini kemudian dikumpulkan pada saat shalat dzuhur kemudian hasil pengumpulannya direkap dalam buku presensi. Setiap harinya ada 6-8 guru piket khusus yang mengawasi dan merekap hasil pengumpulan kartu shalat. 2) Dalam mengefektifkan penggunaan kartu shalat sebagai upaya pembinaan kesadaran beribadah ini guru PAI memiliki peran sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pelatih, teladan, dan evaluator. 3) Faktor yang mendukung guru PAI dalam mengefektifkan penggunaan kartu shalat yaitu adanya kerjasama yang baik antara semua pihak dan keterlibatan OSIS dalam membantu penerapan kartu shalat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu siswa belum semuanya sepenuhnya menyadari bahwa shalat itu bukan hanya sekadar kewajiban, melainkan suatu kebutuhan, masih ada beberapa orang tua siswa yang kurang mendorong siswa untuk melaksanakan ibadah, ada sebagian guru yang kurang punya kepedulian untuk selalu mengingatkan siswanya, ada sebagian guru yang tidak ikut shalat berjamaah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Munajat, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI, Kartu Shalat, Kesadaran Beribadah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 15:47
Last Modified: 22 Aug 2016 15:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21750

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum