PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING “FUN WITH CHEMISTRY” BERBASIS ANDROID PADA MATERI POKOK KESETIMBANGAN KIMIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SISWA SMA/MA KELAS

DIAN AYU PUSPITASARI, NIM. 11670004 (2016) PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING “FUN WITH CHEMISTRY” BERBASIS ANDROID PADA MATERI POKOK KESETIMBANGAN KIMIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SISWA SMA/MA KELAS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING “FUN WITH CHEMISTRY” BERBASIS ANDROID PADA MATERI POKOK KESETIMBANGAN KIMIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SISWA SMA/MA KELAS)
11670004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (47MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING “FUN WITH CHEMISTRY” BERBASIS ANDROID PADA MATERI POKOK KESETIMBANGAN KIMIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SISWA SMA/MA KELAS)
11670004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan mobile learning “Fun with Chemistry” berbasis Android pada materi pokok kesetimbangan kimia sebagai sumber belajar mandiri untuk siswa SMA/MA kelas XI, bertujuan untuk mengkaji karakteristik produk mobile learning “Fun with Chemistry” berbasis Android. Selain itu, mengkaji kelayakan produk mobile learning“Fun with Chemistry” berbasis Android berdasarkan hasil penilaian guru kimia SMA/MA dan respon dari siswa kelas XII. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang dibatasi sampai tahap Development (pengembangan). Karakteristik produk ini ditinjau oleh dosen pembimbing, ahli materi, ahli media, dan 3 peer reviewer. Kelayakan mobile learning “Fun with Chemistry” berbasis Android dinilai oleh 3 guru kimia SMA dan direspon oleh 15 siswa kelas XII. Instrumen yang digunakan berupa skala empat yang terdiri dari 4 aspek, yaitu aspek isi, keterlaksanaan, desain, dan teknis. Instrumen ini digunakan untuk mengetahui kelayakan produk. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui respon siswa berupa lembar respon skala guttman yang tediri dari 4 aspek, yaitu aspek ketertarikan, isi, keterlaksanaan, dan teknis. Karakteristik produk mobile learning “Fun with Chemistry” yang dikembangkan berupa aplikasi mobile learning yang diakses secara offline, terdapat materi yang dianimasikan, dapat di-instal pada semua versi Hp Android, terdapat petunjuk untuk mempermudah penggunaan produk dan dilengkapi dengan musik serta fitur penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan menurut 3 guru kimia di Yogyakarta mendapatkan persentase keidealan sebesar 77,61% dengan kategori Baik. Mobile learning “Fun with Chemistry” juga direspon secara positif dengan total skor 130 dan persentase keidealan sebesar 87,78%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Endaruji Sedyadi, S.Si., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, ADDIE, mobile learning, Android, sumber belajar
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Aug 2016 08:48
Last Modified: 24 Aug 2016 08:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21767

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum