POLA PENDIDIKAN AKHLAK DI PONDOK PESANTREN ISLAMIYYAH SALAFIYYAH WALISONGO SRAGEN

Supariyati, NIM.: 04410706 (2008) POLA PENDIDIKAN AKHLAK DI PONDOK PESANTREN ISLAMIYYAH SALAFIYYAH WALISONGO SRAGEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA PENDIDIKAN AKHLAK DI PONDOK PESANTREN ISLAMIYYAH SALAFIYYAH WALISONGO SRAGEN)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (POLA PENDIDIKAN AKHLAK DI PONDOK PESANTREN ISLAMIYYAH SALAFIYYAH WALISONGO SRAGEN)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang pola pendidikan akhlak yang diterapkan oleh Pondok Pesantren Islamiyyah Salafiyyah Walisongo Sragen serta untuk mengetahui respon santri terhadap pendidikan akhlak. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk mengembangkan penerapan pendidikan akhlak di pondok tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Pondok Pesantren Islamiyyah Salafiyyah Walisongo Sragen. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan berperan serta, wawancara bebas terpimpin, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengolah data-data yang telah dikumpulkan dengan menganalisisnya sesuai dengan kondisi yang terjadi di lapangan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pola pendidikan akhlak yang diterapkan oleh Pondok Pesantren Islamiyyah Salafiyyah Walisongo Sragen adalah pola pendidikan akhlak dengan pola pendidikan tradisional yaitu dengan memakai metode sorogan dalam pembelajaran di kelas (yaitu metode dengan cara santri aktif membaca kitab, biasanya kitab kuning yang akan dibaca, kemudian membaca dan menerjemahkannya di depan ustad, sementara ustad mendengarkan bacaan santri itu dan mengoreksi bacaan atau terjemahannya), serta didukung dengan metode penerapan langsung melalui pembiasaan, keteladanan, kemandirian, serta tanggung jawab dalam kehidupan santri di pondok. (2) Santri memberikan respon yang baik terhadap pendidikan akhlak yang diterapkan oleh Pondok Pesantren Islamiyyah Salafiyyah Walisongo Sragen. Hal ini ditandai dengan sikap dan perilaku santri yang taat dan patuh dalam kegiatan keseharian, serta semangat dan kesungguhan dalam mengikuti pembelajaran di pondok. / div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Karwadi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Pondok Pesantren, Pola Pendidikan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 21 Apr 2025 10:57
Last Modified: 21 Apr 2025 10:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2177

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum