PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PEER TUTORING DENGAN INTEGRASI AYAT-AYAT AL-QUR’AN TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA

FITRIA AYU NUGRAHENI, NIM. 12670005 (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PEER TUTORING DENGAN INTEGRASI AYAT-AYAT AL-QUR’AN TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PEER TUTORING DENGAN INTEGRASI AYAT-AYAT AL-QUR’AN TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA)
12670005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PEER TUTORING DENGAN INTEGRASI AYAT-AYAT AL-QUR’AN TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA)
12670005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh model pembelajaran peer tutoring dengan integrasi ayat-ayat al-qur’an terhadap keterampilan berkomunikasi. 2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe peer tutoring dengan integrasi ayat-ayat al-qur’an terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian Quasy Eksperiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan di MA Ibnul Qoyyim Putri kelas X Semester Genap Tahun Ajaran 2015/ 2016 pada materi pokok larutan elektrolit dan non elektrolit. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X MA Ibnul Qoyyim Putri yang terdiri dari 4 kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas XA (sebagai kelas eksperimen) dan kelas XB (sebagai kelas kontrol). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengambilan data pada penelitian ini dengan cara ujian yaitu pretest-posttest dan observasi. Instrumen yang digunakan berupa instrumen soal pretest-posttest dan lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji t menggunakan independent sample t-test untuk data hasil belajar kimia dan uji Mann Whitney untuk data keterampilan berkomunikasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe peer tutoring dengan integrasi ayat-ayat al-qur’an terhadap keterampilan berkomunikasi siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai sig. (2-tailed) dari uji Mann Whitney kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,035. 2) terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe peer tutoring dengan integrasi ayat-ayat al-qur’an terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai sig. (2-tailed) dari uji t kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,024.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Asih Widi Wisudawati, M.Pd
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Aug 2016 09:06
Last Modified: 24 Aug 2016 09:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21770

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum