PENGARUH PENERAPAN METODE BUZZ GROUP DISCUSSION DENGAN PERMAINAN KARTU UNO TERHADAP KERJASAMA DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP

ELY PUSPITA SARI, NIM. 12670017 (2016) PENGARUH PENERAPAN METODE BUZZ GROUP DISCUSSION DENGAN PERMAINAN KARTU UNO TERHADAP KERJASAMA DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN METODE BUZZ GROUP DISCUSSION DENGAN PERMAINAN KARTU UNO TERHADAP KERJASAMA DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP)
12670017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (30MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN METODE BUZZ GROUP DISCUSSION DENGAN PERMAINAN KARTU UNO TERHADAP KERJASAMA DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP)
12670017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (642kB)

Abstract

Pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok dapat memudahkan siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan dan menumbuhkan kerjasama antar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan metode buzz group discussion dengan permainan kartu uno terhadap kerjasama dan kemampuan memecahkan masalah siswa. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent Kontrol Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode buzz group discussion dengan permainan kartu uno sedangkan variabel terikatnya adalah kerjasama dan kemampuan memecahkan masalah. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Minggir Sleman kelas XI semester genap tahun ajaran 2015/2016 pada materi pokok larutan penyangga. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data pada penilaian ini dengan cara observasi untuk mengetahui kerjasama dan tes untuk mengetahui kemampuan memecahkan masalah. Teknik analisis data dilakukan menggunakan uji Mann Whitney dengan bantuan software SPSS 20.0. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode buzz group discussion dengan permainan kartu uno terhadap kerjasama siswa dan kemampuan memecahkan masalah siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (sig. 2-tailed 0,05) dan kemampuan memecahkan masalah dengan signifikansi sebesar 0,025 (sig. 2-tailed 0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Fitri Yuliawati, M.Pd.Si.,
Uncontrolled Keywords: metode buzz group discussion, permainan kartu uno, kerjasama siswa, kemampuan memecahkan masalah
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Aug 2016 10:11
Last Modified: 24 Aug 2016 10:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21780

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum