PENGARUH PENERAPAN MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA

RETNO PRAPTI UTAMI, NIM. 12670019 (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA)
12670019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA)
12670019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dapat mengembangkan potensi-potensi yang dimilikinya, seperti hasil belajar kognitif dan keterampilan generik sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji 1) ada tidaknya pengaruh penerapan model CLIS terhadap hasil belajar kognitif peserta didik 2) ada tidaknya pengaruh penerapan model CLIS terhadap keterampilan generik sains peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Pre-test Post-test Design. Penelitian dilakukan di MAN Yogyakarta 1 kelas XI MIA Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016 pada Materi Pokok Larutan Penyangga. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA yang terdiri dari 3 kelas. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 2 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas XI MIA 1 (sebagai kelas kontrol). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengambilan data pada penelitian ini dengan cara ujian yaitu pre-test dan post-test, dan observasi. Teknik analisis data hasil belajar kognitif kimia dengan uji t dan analisis data keterampilan generik sains dengan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan 1) ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran CLIS terhadap hasil belajar kognitif kimia peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil sig.(2-tailed) dari uji t 0,05 yaitu sebesar 0,044. 2) ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model CLIS terhadap keterampilan generik sains peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig.(2-tailed) dari uji Mann Whitney 0,05 yaitu sebesar 0,034.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SHIDIQ PREMONO, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran CLIS, hasil belajar Kognitif kimia, keterampiran generik sains
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Aug 2016 10:21
Last Modified: 24 Aug 2016 10:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21781

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum