IDENTIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BAGI PESERTA DIDIK DIFABEL NETRA DAN RUNGU PADA SMA/MA INKLUSI DI YOGYAKARTA

TIKA RAHMAWATI, NIM. 12670025 (2016) IDENTIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BAGI PESERTA DIDIK DIFABEL NETRA DAN RUNGU PADA SMA/MA INKLUSI DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BAGI PESERTA DIDIK DIFABEL NETRA DAN RUNGU PADA SMA/MA INKLUSI DI YOGYAKARTA)
12670025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BAGI PESERTA DIDIK DIFABEL NETRA DAN RUNGU PADA SMA/MA INKLUSI DI YOGYAKARTA)
12670025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan mengetahui ketersediaan media pembelajaran kimia, hambatan yang ditemui pendidik dalam memodifikasi media pembelajaran kimia, dan solusi yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan media pembelajaran kimia bagi peserta didik difabel netra dan rungu pada SMA/MA inklusi di Yogyakarta. Penelitian dilakukan di MAN Maguwoharjo dan SMA N 1 Sewon. Subjek penelitian adalah pendidik kimia, petugas perpustakaan, guru pendamping khusus, dan peserta didik difabel netra dan rungu. Objeknya adalah media pembelajaran kimia bagi peserta didik difabel netra dan rungu. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, pengisian skala sikap dan analisis dokumen sedangkan instrumen yang digunakan lembar oservasi, pedoman wawancara, skala sikap, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan sebelum di lapangan, selama di lapangan dan setelah di lapangan menggunakan deskriptif kualitatif untuk wawancara, observasi, dan dokumen serta deskriptif kuantitatif untuk pengisian skala. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi, diskusi teman sejawat, dan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran kimia bagi peserta didik difabel netra dan rungu pada sekolah inklusi di Yogyakarta sangat terbatas. Hal ini disebabkan karena pendidik belum pernah mengikuti pelatihan pengembangan media pembelajaan kimia bagi peserta didik difabel. Solusi untuk memenuhi kebutuhan media pembelajaran kimia adalah adanya pelatihan dan pengembangan media pembelajaran kimia bagi peserta didik difabel oleh pendidik dan pembuatan media pembelajaran kimia bagi peserta didik difabel netra dan rungu sebagai tugas akhir skripsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Jamil Suprihatiningrum, M.Pd, Si
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran kimia, difabel netra dan rungu, sekolah inklusi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Aug 2016 13:31
Last Modified: 25 Aug 2016 13:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21784

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum