PEMBINAAN AKHLAK PELAJAR BERPRESTASI MELALUI BIMBINGAN MENTAL SPIRITUAL (BMS) DI YASR KLATEN

Suramto NIM. 03410030-02, (2009) PEMBINAAN AKHLAK PELAJAR BERPRESTASI MELALUI BIMBINGAN MENTAL SPIRITUAL (BMS) DI YASR KLATEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk memberikan deskripsi dan menganalisis pembinaan akhlak yang diterapkan oleh YASR Klaten melalui Bimbingan Mental Spiritual serta faktor penghambat dan faktor pendukung dalam prosesnya. Hasil dari penelitian ini diharapkan bisa menjadi masukan yang positif dan membangun bagi YASR Klaten dengan Bimbingan Mental Spiritualnya serta sumbangan pemikiran dan dokumentasi dalam pengelolaan Beasiswa, tentunya juga sebagai alternatif dalam membenahi kondisi moral dari pemuda-pemuda negeri ini. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif yang mengambil latar penelitian yaitu Bimbingan Mental Spiritual yang diselenggarakan oleh YASR Klaten. Penghimpunan data dilakukan dengan cara observasi, interview dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan jalan bekerja dengan data, mengorganisasikan data, dan dipilah menjadi sesuatu yang dapatdikelola, mencari dan menemukan pola, sesuatu yang penting dan apa yang dapat dipelajari. Selanjutnya memutuskan apa yang dapat diceritakan pada oranglain. Hasil penelitian menunjukan: Pertama, Bimbingan Mental Spiritual yang dilakukan oleh YASR Klaten dengan menggunakan Halaqah sebagai media utama dan didukung oleh media lain seperti Mabit, Rihlah dan juga Daurah Tarkiah merupakan sebuah usaha dalam pembinaan akhlak. Halaqah merupakan lingkaran kecil yang terdiri atas satu orang pembimbing dan beberapa peserta. Halaqah ini dalam prosesnya melakukan proses pendidikan, Bimbingan dan Pembinaan. Didalam halaqah juga terjadi proses transfer ilmu pengetahuan Agama dalam hal ini Agama Islam. Media pendukung (Mabit, Rihlah dan Daurah Tarkiah) merupakan penunjang dalam Bimbingan Mental Spiritual yang berfungsi sebagai tambahan dan upaya percepatan dalam mencapai tujuan akhir Bimbingan Mental Spiritual. Dengan pola tersebut Bimbingan Mental Spiritual mensinergikan potensi dan kemampuan peserta Bimbingan Mental Spiritual yang mencapai pada tiga ranah, ranah Psikomotorik (Jasadiyah), ranah Afektif (Ruhiyah), dan ranah kognitif (Fikriyah) secara bersama-sama. Kedua, kendala-kendala yang dihadapai oleh Bimbingan Mental Spiritual kebanyakan berasal dari luar, yang diluar kewenangan dan kemampuan Tim Pengelola maupun YASR Klaten. Kemuan dari peserta dan rasa butuh mereka terhadap materi yang diberikan, komitmen dari Pembimbing dan kesiapan YASR dalam mengelola Bimbingan Mental Spiritual menjadikan proses Bimbingan Mental Spiritual berjalan dengan lancar dan ini merupakan faktor pendukung bagi kelancaran Bimbingan Mental Spiritual ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Rofik, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Akhlak, Pelajar, Berprestasi, Bimbingan Mental Spiritual
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2179

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum