PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS DENGAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATERI SENYAWA HIDROKARBON

NAHDLIYAH AMALIA, NIM. 12670044 (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS DENGAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATERI SENYAWA HIDROKARBON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS DENGAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATERI SENYAWA HIDROKARBON)
12670044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS DENGAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATERI SENYAWA HIDROKARBON)
12670044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian pengaruh penerapan model pembelajaran means-ends analysis dengan think pair share terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada materi senyawa hidrokarbon dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan berpikir kritis di beberapa SMA di Yogyakarta dan metode guru yang masih tidak dapat menstimulus untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dari model pembelajaran means-ends analysis dengan think pair share terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Kolombo Yogyakarta yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ialah kelas X A sebagai kelas eksperimen dan kelas X D sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi experiment dengan desain non equivalent control group design. Teknik pengambilan data pada penelitian ini yaitu dengan cara tes yaitu dengan soal pretest dan posttest. Teknik analisis data yang dilakukan dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas yang selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan uji Mann Whitney dengan bantuan software SPSS 16.0. Berdasarkan uji hipotesis hasil posttest yang dilakukan dengan uji Mann Whitney didapatkan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini juga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran means-ends analysis berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Asih Widi Wisudawati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: means-ends analysis dengan think pair share, kemampuan berpikir kritis
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Aug 2016 14:17
Last Modified: 25 Aug 2016 14:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21790

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum