PENGARUH KUALITA PELAYANAN TERHADAP TINGKAT LOYALITAS NASABAH DALAM MENJAGA KELANGSUNGAN USAHA PEGADAIAN SYARIAH DI KOTA PEKANBARU ( Ditinjau melalui Perspektif Konsep Service Of Excellent)

SYAHRIAL HASANUDDIN POHAN SE.,Sy, NIM: 1420310007 (2016) PENGARUH KUALITA PELAYANAN TERHADAP TINGKAT LOYALITAS NASABAH DALAM MENJAGA KELANGSUNGAN USAHA PEGADAIAN SYARIAH DI KOTA PEKANBARU ( Ditinjau melalui Perspektif Konsep Service Of Excellent). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KUALITA PELAYANAN TERHADAP TINGKAT LOYALITAS NASABAH DALAM MENJAGA KELANGSUNGAN USAHA PEGADAIAN SYARIAH DI KOTA PEKANBARU ( Ditinjau melalui Perspektif Konsep Service Of Excellent))
1420310007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KUALITA PELAYANAN TERHADAP TINGKAT LOYALITAS NASABAH DALAM MENJAGA KELANGSUNGAN USAHA PEGADAIAN SYARIAH DI KOTA PEKANBARU ( Ditinjau melalui Perspektif Konsep Service Of Excellent))
1420310007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan Pegadaian Syariah di Indonesia hinga saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Namun keberadaan layanan pegadaian syariah relative lebih baru dari pada pegadain konvensional, sehingga akan muncul berbagai kendala layanan secara syariah. Dengan demikian, pegadain syariah harus mempunyai strategi yang jitu guna mempertahankan eksistensinya. Perlu upaya mewujudkan hubungan kerja sama antara PT. Pegadain (persero) syariah dengan para nasabah agar terjalin kepercayaan antar pihak secara kontinyu dan bertahan lama. Pegadaian syariah harus memiliki pelayanan yang berkualitas untuk ditawarkan pada konsumen agar mampu mempertahankan loyalitas mereka. Maka dari itu, perlu pengakajian dan penelitian lebih dalamguna bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat loyalitas nasabah dalam menjaga kelangsungan usaha Pegadaian Syariah. Berdasarkan pada tujuan diatas, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah PT. Pegadaian (persero) Syariah Cabang Soebrantas Kota Pekanbaru. Pemilihan sampel menggunakan metode Random Sampling, jumlah sampel yang banyak diperkecil dengan menggunakan rumus slovin, sehingga didapati sampel berjumlah 379 respondent dari 6.992 populasi yang ada. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data Data-data yang telah dikumpulkan tersebut dianalisis dengan alat analisis statistik yaitu uji regresi linier berganda, uji asumsi klasik yang meliputi, uji heteroskedastisitas, uji multikolonieritas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara persial variabel Reability (Keandalan), Acces (Kemudahan), Courtesy (Sopan Santun) dan Credibility (Kepercayaan) diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat loyalitas nasabah PT.Pegadaian (persero) Syariah Cabang Soebrantas. Sedangkan variable Responsiveness (Kesigapan), Competence (Keterampilan) dan Security (keamanan) masing-masing memiliki nilai signifikansi lebih besar dari 0,05. Artinya ketiga variabel berpengaruh tidak signifikan terhadap tingkat loyalitas nasabah PT.Pegadaian (persero) Syariah Cabang Soebrantas. Adapun nilai Adjusted R Square sebesar 26% yaitu nilai variabel tingkat loyalitas nasabah yang dapat dijelaskan oleh variable kualitas pelayanan, sedangkan sisanya 74% adalah pengaruh dari variabel lain yang tidak dijelaskan oleh penelitian ini. Temuan ini dapat dijadikan sebagai tuntunan atau solusi alternatif dalam menetapkan mutu kualitas pelayanan yang prima (service of excellent) dalam meningkatkan loyalitas nasabah pada PT. Pegadaian (persero) Syariah Cabang Soebrantas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Selamat Riauwanto., S.E.,
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Loyalitas Nasabah &Service Of Excellent PT. Pegadaian (persero) Syariah Cabang Soebrantas
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Aug 2016 10:29
Last Modified: 31 Aug 2016 10:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21843

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum