PENGARUH PENGELOLAAN MODAL KERJA, LEVERAGE DAN KENDALA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG MASUK DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE 2008-2014

ANOM GARBO, SEI, NIM. 1420310021 (2016) PENGARUH PENGELOLAAN MODAL KERJA, LEVERAGE DAN KENDALA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG MASUK DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE 2008-2014. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGELOLAAN MODAL KERJA, LEVERAGE DAN KENDALA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG MASUK DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE 2008-2014 OLEH: ANOM GARBO, S.E.I. NIM. 1420310021 TESIS)
1420310021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGELOLAAN MODAL KERJA, LEVERAGE DAN KENDALA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG MASUK DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE 2008-2014 OLEH: ANOM GARBO, S.E.I. NIM. 1420310021 TESIS)
1420310021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Nilai perusahaan menggambarkan kemampuan manajemen dalam mengelola kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan yang tercermin melalui kinerja keuangan. Nilai perusahaan menjadi suatu indikator yang memperlihatkan seberapa keras manajemen bekerja mengelola sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan guna memenuhi tujuan-tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengelolaan modal kerja dan leverage terhadap nilai perusahaan dan mengkaji dampak kendala keuangan (financial constraint) terhadap hubungan pengelolaan modal kerja dengan nilai perusahaan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES) periode 2008-2011. Adapun metode yang digunakan dalam menentukan sampel penelitian adalah metode purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang secara konsisten masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES) periode 2008-2014 dan dengan kriteria tertentu didapatkan 76 perusahaan sampel. Tobin‟s Q (TQ) digunakan sebagai variabel dependen, sedangkan net trade cycle (NTC), Leverage (DTA) dan Kendala keuangan merupakan variabel independen utama. Adapun variabel independen lainnya seperti size, growth dan ROA turut disertakan sebagai variabel kontrol untuk mendapatkan model empiris yang lebih komprehensif. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan model fixed effect. Hasil penelitian menunjukkan pengelolaan modal kerja berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. sedangkan variabel leverage dan kendala keuangan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Temuan ini menggambarkan jika pengelolaan modal kerja yang optimal berpengaruh pada pertumbuhan nilai perusahaan. Perusahaan tanpa kendala keuangan akan memiliki nilai perusahaan yang lebih baik dariapada perusahaan dengan tingkat kendala keuangan yang tinggi. Pengelolaan modal kerja harus mereduksi proporsi leverage dan meningkatkan pendanaan internal untuk dapat meningkatkan pertumbuhan nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Misnen Ardiansyah, SE, M.Si, Ak. CA
Uncontrolled Keywords: Nilai Perusahaan, Leverage, Pengelolaan Modal Kerja, Kendala Keuangan dan Daftar Efek Syariah
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Aug 2016 12:47
Last Modified: 31 Aug 2016 12:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21851

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum