PERAN LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH TERHADAP AKTIVITAS SOSIAL (STUDI PADA BMT BERINGHARJO, BMT BINA UMMAH DAN BMT BINA IHSANUL FIKRI DI YOGYAKARTA)

MUHAMMAD ARDI, S E, SY, NIM. 1420310041 (2016) PERAN LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH TERHADAP AKTIVITAS SOSIAL (STUDI PADA BMT BERINGHARJO, BMT BINA UMMAH DAN BMT BINA IHSANUL FIKRI DI YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH TERHADAP AKTIVITAS SOSIAL (STUDI PADA BMT BERINGHARJO, BMT BINA UMMAH DAN BMT BINA IHSANUL FIKRI DI YOGYAKARTA))
1420310041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH TERHADAP AKTIVITAS SOSIAL (STUDI PADA BMT BERINGHARJO, BMT BINA UMMAH DAN BMT BINA IHSANUL FIKRI DI YOGYAKARTA))
1420310041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Lembaga Keuangan syariah khususnya BMT terbagi atas dua yaitu Tamwil dan Mal. Tamwil bergerak pada bidang bisnis, sedangkan Mal bergerak di bidang sosial, Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan ingin melihat antara teori dan praktik yang ada di lapangan : 1. Untuk mengetahui peran BMT terhadap aktivitas sosial di masyarakat pada BMT Beringharjo, BMT Bina Ummah dan BMT Bina Ihsabul Fikri. 2. Untuk mengetahui hambatan yang di hadapi dalam peran BMT terhadap aktivitas sosial di masyarakat pada BMT Beringharjo, BMT Bina Ummah dan BMT Bina Ihsabul Fikri. 3. Untuk mengetahui solusi BMT terhadap aktivitas sosial di masyarakat pada BMT Beringharjo, BMT Bina Ummah dan BMT Bina Ihsanul Fikri. Berdasarkan pada tujuan penelitian tersebut diatas, maka desain penelitian yang digunakan ini, adalah desain deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggambarkan secara kualitatif yang ada di lapangan secara aplikasi BMT terhadap aktivitas sosial di masyarakat di BMT Beringharjo, BMT bina Ummah dan BMT Bina Ihsanul Fikri yang di dukung dengan metode wawancara bersama pihak Mal BMT dan penerima dana qardul hasan sebanyak 24 orang , kemudian didukung data dokumentasi dan studi pustaka dalam mengumpulkan data-data yang diperlukan. Data-data yang telah dikumpulkan kemudian di analisis secara deskriptif kualitatif. Teknik analisis data digunakan ada empat tahap yaitu reduksi data, penyajian data, interpretasi data dan penarikan kesimpulan. Adapun teknis pemerikasaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya BMT bagian mal dengan program charitas atau ekonomi produktif seperti angkringan, penjual sayur, sabun melin, budidaya ikan dan lain-lain yang di ambilkan dari dana qardul hasan sangat membantu masyarakat yang ingin membuka usaha produktif yang memiliki kendala di modal, dapat juga membantu masyarakat terlepas dari keterbatasan ekonomi dan mampu memotong para rentenir yang ada meskipun belum bisa menghapuskan pergerakan semua rentenir, setidaknya bisa mengurangi para rentenir yang ada sekitar para pengusaha yang kekurangan modal dan dari penemuan charity ada dua yang di temukan di lapangan yaitu pendidikan dan kesehatan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Syafiq M. Hanafi, SA,g, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Stakeholder, Stewardship, Qardul hasan, charitas dan carity.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Aug 2016 13:33
Last Modified: 23 Nov 2016 08:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21854

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum