PEMIKIRAN INSTRUMENTALISME BRUNER DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KONTEMPORER (Telaah Perspektif Metodologis)

MANAN SYAH PUTRA NASUTION, NIM. 11420016 (2016) PEMIKIRAN INSTRUMENTALISME BRUNER DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KONTEMPORER (Telaah Perspektif Metodologis). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMIKIRAN INSTRUMENTALISME BRUNER DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KONTEMPORER (Telaah Perspektif Metodologis))
11420016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMIKIRAN INSTRUMENTALISME BRUNER DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KONTEMPORER (Telaah Perspektif Metodologis))
11420016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana deskripsi teori instrumentalisme Jerome S Bruner dalam bidang bahasa. Selain meneliti tentang deskripsi dari instrumentalisme yang diusung oleh Bruner tersebut, penulis juga meneliti bagaimana relevansi teori instrumentalisme Bruner terhadap pembelajaran bahasa Arab kontemporer. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini bersifat analitisinterpretatif serta merupakan penelitian pustaka (Library Research). Pendekatan yang dilakukan oleh penulis dalam penelitian ini di antaranya pendekatan filosofis, pendekatan historis. Metode yang diambil dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Melalui metode ini penulis mengungkap faktor-faktor sosio-historis lahirnya pemikiran Brunner. Dalam menyususn penelitian ini penulis merujuk pada bebrapa teori yang ada. Beberapa teori yang dipakai oleh peneliti dalam penelitian ini di antaranya adalah teori intellectual history research, teori relevansi dan konsep Pembelajaran bahasa Arab kontemporer. Dengan ketiga teori tersebut penulis mematangkan landasan dalam meneliti perihal Jerome Bruner dan teori instrumentalisme yang dikemukakannya serta relevansinya dengan pembelajaran bahas Arab kontemporer. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pertama teori Instrumentalisme yang digagas oleh Bruner menyatakan bahwa bahasa adalah alat untuk berkomunikasi. Kedua terkait dengan pembelajaran bahasa Arab kontemporer, teori instrumentalisme Bruner memiliki relevansi yang cukup kuat dalam pembelajaran bahasa dengan model pembelajaran learning by doing dan contextual teaching and learning. Bruner mengatakan bahwa pembelajaran bahasa harus berbanding lurus dengan aksinya. Selanjutnya Bruner mengembangkan model belajar tersebut dengan konsep perluasan eksplisitas Bahasa Arab dan meninggalkan ketergantungan pada satu konteks bahasa tersebut. Di samping itu Bruner juga mengetengahkan tiga kecakapan dalam berbahasa yaitu kecakapan linguistik, kecakapan komunikasi dan kecakapan analisis. Oleh karena itu Instrumentalisme yang digagas Bruner ini memiliki relevansi yang sangat kuat untuk diimplementasikan dalam pembelajaran bahasa Arab kontemporer. Kata Kunci : Teori Instrumentalisme Bruner Pembelajaran bahasa Arab Kontemporer

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Teori Instrumentalisme Bruner, Pembelajaran bahasa Arab Kontemporer
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Dec 2016 08:14
Last Modified: 13 Dec 2016 08:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21865

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum