VALUASI PERBANKAN SYARIAH DENGAN PENDEKATAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN FREE CASH FLOW TO THE FIRM (FCFF)

MUHAMAD RAHMAN BAYUMI, SEI, NIM. 1420310070 (2016) VALUASI PERBANKAN SYARIAH DENGAN PENDEKATAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN FREE CASH FLOW TO THE FIRM (FCFF). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (VALUASI PERBANKAN SYARIAH DENGAN PENDEKATAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN FREE CASH FLOW TO THE FIRM (FCFF))
1420310070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (VALUASI PERBANKAN SYARIAH DENGAN PENDEKATAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN FREE CASH FLOW TO THE FIRM (FCFF))
1420310070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kunci utama dalam meraih kesuksesan di dalam melakukan investasi dan pengelolaan aset adalah dengan cara memahami nilai dan sumber aset pada perusahaan tersebut. Proses memahami nilai pada suatu perusahaan dikenal dengan istilah valuasi. Saat ini teknik dalam melakukan valuasi banyak digunakan oleh para analis dan investor untuk menilai efisiensi pertumbuhan dan kualitas pengelolaan suatu perusahaan. Persoalan nilai di Indonesia belum menjadi satu hal yang diprioritaskan bagi sebagian besar perusahaan, termasuk perbankan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguraikan pentingnya valuasi pada perbankan syariah, (2) melakukan valuasi dengan pendekatan EVA, dan (3) menghitung nilai perbankan syariah dengan pendekatan FCFF. Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian deskriptif kuantitatif, adapun objek dalam penelitian ini adalah perbankan syariah di Indonesia. Secara khusus dalam penelitian ini data yang digunakan yaitu laporan keuangan perbankan syariah di Indonesia periode 2009-2014. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data diolah menggunakan teknik valuasi dengan pendekatan EVA dan FCFF. Kemudian data dianalisis dengan pendekatan analisis kuantitatif deskriptif. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa teknik valuasi dengan EVA dan FCFF memberikan penjelasan akan nilai perbankan syariah yang berbeda. Kedua pendekatan ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Valuasi dengan pendekatan EVA menunjukkan bahwa rata-rata EVA semua bank syariah di Indonesia bernilai negatif, yaitu -2.440.628.911.201. Sedangkan, valuasi dengan pendekatan FCFF menunjukkan bahwa rata-rata nilai bank syariah adalah positif, dimana nilai rata-rata bak syariah adalah adalah sebesar 351.407.836,733. Perbedaan hasil valuasi yang terjadi tidak terlepas dari karakteristik kegiatan bank syariah dan regulasi bank tersebut. Selama ini valuasi lebih banyak untuk kepentingan praktis, namun dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang baik bagi pengembangan keilmuan melalui penelitian-penelitian sejenis guna menyempurnakan hasil penelitian

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H.M. Fakhri Husein, SE.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Valuasi, Economic Value Added, Free Cash Flow to the Firm dan Perbankan Syariah.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Sep 2016 11:01
Last Modified: 06 Sep 2016 11:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21876

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum