Nur Aini Diah Wulandari, NIM.: 04230023 (2008) PENGEMBANGAN SUMBER DAYA ANAK YATIM DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRI AISYIYAH SERANGAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN SUMBER DAYA ANAK YATIM DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRI AISYIYAH SERANGAN YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (558kB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN SUMBER DAYA ANAK YATIM DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRI AISYIYAH SERANGAN YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (128kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang proses Pengembangan Sumber Daya Anak Yatim Di Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Serangan Yogyakarta. Problematika yang dihadapi dan upaya yang telah dilakukan untuk mengatasinya dan hasil yang didapat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memebirikan sumbangan kepada Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Serangan Yogyakarta pada umumnya tentang upaya perencanaan yang dapat dilakukan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang berkaitan dengan proses Pengembangan Sumber Daya Anak Yatim. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang Pengembangan Sumber Daya Anak Yatim di Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Serangan Yogyakarta. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan bantuan pedoman wawancara yang telah dibuat sebelumnya. Teknik analisis data dengan cara menganalisis data yang sudah terkumpul. Yang bersifat diskriptif kualitatif, yaitu data yang terkumpul berbentuk kata-kata, gambar bukan angka-angka. Data yang diperoleh meliputi transkip interviu, catatan lapangan, foto, dokumen dan lain-lain. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pelaksanaan pendidikan formal, Pendidikan formal yang mereka tempuh diharapkan anak asuh bisa mendapatkan ilmu umum untuk membantu agar masa depan mereka lebih cerah, misalnya dalam hal mencari pekerjaan karena mereka telah dibekali ijazah, mereka (anak asuh) dibiayai dan dibimbing oleh panti asuhan sampai mereka menyelesaikan semua jenjang pendidikan dan mereka diharapkan bisa memperoleh pendidikan dan pengalaman didalam dunia pendidikan sehingga mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik. .(2) Pelaksanaan pendidikan non formal yang dilaksanakan dilingkungan Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah yang berupa pengajian, pendidikan agama, dan pelatihan-pelatihan, adapun model pengajaran yang dilaksanakan di dalam Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah adalah melalui pengajian, pendidikan agama islam dan pelatihan-pelatihan yang sifatnya rutin dan wajib diikuti oleh semua anak asuh yang ada dipanti asuhan yatim putri aisyiyah. Pengajian dan pelatihan ini telah direncanakan dan telah dioprasionalkan dalam kegiatan, juga telah ditetapkan waktu (hari/jam) dan pendidiknya.diantaranya pengajian yang rutin dilaksanakan setiap ba'da isya' dan pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan setiap hari jum'at sampai hari minggu. (3) Peran Yayasan di Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah dalam usaha pendampingan dan pengembangan anak asuh sangat mengedepankan pendidikan itu terbukti dengan usaha dan tanggung jawab semua pengurus panti didalam mendampingi dan merawat anak asuh dengan baik.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Drs. Aziz Muslim, M. Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | Pemberdayaan SDM, Anak Yatim Piatu, Pengembangan Masyarakat |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 307.14 Pengembangan Masyarakat |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 04 Dec 2024 13:48 |
| Last Modified: | 04 Dec 2024 13:50 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2189 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
