PEMBERDAYAAN DANA ZAKAT PRODUKTIF SEBAGAI MODAL USAHA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

AHMAD HABIBI, NIM. 10220022 (2016) PEMBERDAYAAN DANA ZAKAT PRODUKTIF SEBAGAI MODAL USAHA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN DANA ZAKAT PRODUKTIF SEBAGAI MODAL USAHA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
1420311035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN DANA ZAKAT PRODUKTIF SEBAGAI MODAL USAHA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
1420311035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam rangka merevitalisasi fungsi Zakat Infaq Shadaqah (ZIS), maka distribusi harus dilakukan kembali yaitu dari tujuan konsumtif menjadi produktif dimana ZIS dijadikan sebagai sarana untuk melakukan pemberdayaan ekonomi umat melalui pengembangan usaha-usaha yang produktif. Hal ini dimaksudkan kedepanya agar kegiatan ekonomi mustahiq dapat tumbuh dan berkembang sekaligus dapat meningkatkan perekonomian masyarakat terutama bagi pengembangan usaha-usaha mikro. Dana zakat untuk kegiatan produktif akan lebih optimal bila dilaksanakan Lembaga atau Badan Amil Zakat karena LAZ/BAZ sebagai organisasi yang terpercaya untuk pengalokasian, pendayagunaan, dan pendistribusian dana zakat, mereka tidak memberikan zakat begitu saja melainkan mereka mendampingi, memberikan pengarahan serta pelatihan agar zakat yang ada dapat dijadikan modal usaha yang dapat meningkatkan produktifitas mustahik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mustahik tentang pemberdayaan zakat produktif sebagai modal usaha dan pengaruhnya terhadap kinerja usaha kecil menengah (UKM) yang dimiliki oleh mustaik di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Daerah Istimewa Yogyakarta yang dilihat dari tiga factor yaitu : (1) ketepatan sasaran pemberdayaan zakat produktif (2) kemudahan proses pendistribusian zakat produktif (3) pendampingan usaha. Sampel dalam penelitian yang dilakukan ini adalah seluruh mustahik zakat produktif di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) DIY pada tahun 2015 yang berjumlah 60 orang dengan menggunakan metode random sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai data primer kemudian hasil datanya dianalisis menggunakan regresi berganda dengan melakukan uji simultan, uji determinan, dan uji parsial dengan tingkat signifikansi 5 persen ( α= 0.05). Hasil dari penelitian ini adalah secara simultan pemberdayaan zakat produktif yang dilakukan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Daerah Istimewa Yogyakarta berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha kecil dan menengah (UKM) yang dimiliki oleh para mustahik dengan didapatkan nilai Fhitung = 26,667 dengan probabilitas atau p value = 0,000 0,05. Adapun secara parsial didapatkan bahwa variable ketepatan sasaran dan variable kemudahan proses pendistribusian zakat produktif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha kecil dan menengah (UKM) yang dimiliki oleh mustahik dengan diperoleh t Hitung sebesar 2.118 dengan nilai p value 0.039 0.05, dan t Hitung sebesar 2.347 dengan nilai p value 0.023, sedangkan variable pendampingan usaha berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja usaha kecil menengah (UKM) milik mustahik dengan nilai t Hitung sebesar 0.518 dengan nilai p value 0.604 0.05.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Zainal Arifin.M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, zakat produktif, pendistribusian, pendampingan, efektifitas
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Sep 2016 10:28
Last Modified: 07 Sep 2016 10:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21892

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum