ANALISIS PENGARUH PERKEMBANGAN SEKTOR KEUANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA DAN MALAYSIA (STUDI KOMPARATIF KEUANGAN SYARIAH DAN KONVENSIONAL)

INDRIANA MEI LISTIYANI, NIM. 1420311079 (2016) ANALISIS PENGARUH PERKEMBANGAN SEKTOR KEUANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA DAN MALAYSIA (STUDI KOMPARATIF KEUANGAN SYARIAH DAN KONVENSIONAL). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH PERKEMBANGAN SEKTOR KEUANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA DAN MALAYSIA (STUDI KOMPARATIF KEUANGAN SYARIAH DAN KONVENSIONAL))
1420311079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH PERKEMBANGAN SEKTOR KEUANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA DAN MALAYSIA (STUDI KOMPARATIF KEUANGAN SYARIAH DAN KONVENSIONAL))
1420311079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Mengkaji pengaruh perkembangan sektor keuangan terhadap pertumbuhan ekonomi negara Indonesia dan Malaysia. 2) Mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh perkembangan sector keuangan syariah dan sector keuangan konvensional secara terpisah terhadap pertumbuhan ekonomi negara Indonesia dan Malaysia. 3) Mengamati perbandingan pengaruh sektor keuangan konvensional dan syariah, dari masing-masing negara, terhadap pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis regresi dengan ARDL (Autoregressive Distributed Lag Model). Teknik ARDL ini memungkinkan untuk mengetahui koefisien respon jangka pende maupun jangka panjang dari perkembangan sektor keuangan terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara. Data untuk keperluan penelitian merupaan data sekunder yang akan diambil dari berbagai sumber dari masing negara diantaranya OJK, website resmi Bank Negara Malaysia (BNM) dan IFS (International Financial Statistic). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari perkembangan sektor keuangan total terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia dan terdapat pengaruh negative dari perkembangan sektor keuangan total terhadap pertumbuhan ekonomi Malaysia. Dalam jangka panjang, bagi perekonomian Indonesia, perkembangan TCS (Rasio Total Kredit Syariah) sebagai proksi sektor keuangan syariah berpengaruh positif bagi pertumbuhan ekonomi, sedangkan bagi Malaysia justru berpengaruh negative. Selain itu, perkembangan TDS (Rasio Total Deposit Syariah) berpengaruh negative bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia tetapi berpengaruh positif bagi Malaysia. Untuk perkembangan sektor keuangan konvensional, TCK (Rasio Total Kredit Konvensional) sama-sama berpengaruh positif bagi Indonesia maupun Malaysia, namun TDK (Rasio Total Deposit Konvensional) untuk kedua negara sama-sama tidak berpengaruh siginifikan terhadap pertumbuhan ekonomi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Drs. Akhsyim Afandi, M.A., Ph.D.,
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Sektor Keuangan, Pertumbuhan Ekonomi, Studi Komparatif Keuangan Syariah dan Konvensional, ARD
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Sep 2016 11:01
Last Modified: 07 Sep 2016 11:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21896

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum