PERBANDINGAN KINERJA PERBANKAN SYARIAH SEBELUM DAN SESUDAH DIATUR DAN DIAWASI OJK (OTORITAS JASA KEUANGAN) TAHUN 2011-2014

ERPIANA SIREGAR S PD I, NIM. 1420311083 (2016) PERBANDINGAN KINERJA PERBANKAN SYARIAH SEBELUM DAN SESUDAH DIATUR DAN DIAWASI OJK (OTORITAS JASA KEUANGAN) TAHUN 2011-2014. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN KINERJA PERBANKAN SYARIAH SEBELUM DAN SESUDAH DIATUR DAN DIAWASI OJK (OTORITAS JASA KEUANGAN) TAHUN 2011-2014)
1420311083_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN KINERJA PERBANKAN SYARIAH SEBELUM DAN SESUDAH DIATUR DAN DIAWASI OJK (OTORITAS JASA KEUANGAN) TAHUN 2011-2014)
1420311083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pengaturan dan pengawasan perbankan merupakan hal yang sangat penting agar tercipta perbankan yang sehat secara menyeluruh maupun individual, serta mampu memelihara kepentingan masyarakat dengan baik, berkembang secara wajar dan bermanfaat bagi perekonomian nasional. Pengaturan dan pengawasan perbankan awalnya adalah wewenang BI. Tapi karena BI dianggap lemah dalam pengawasan perbankan maka tugas mengatur dan mengawasi perbankan dilimpahkan kepada OJK. Sebagai lembaga yang bertugas mengatur dan mengawasi perbankan maka OJK diarahkan untuk mengoptimalkan fungsinya agar tercipta sistem perbankan yang sehat, mampu memelihara kepentingan konsumen, berkembang secara wajar,dan bermanfaat bagi perekonimoan nasional. Penelitian in bertujuan untuk membandingkan kinerja perbankan syariah sebelum dan sesudah perbankan diatur dan diawasi OJK menggunakan rasio keuangan. Rasio keuangan yang digunakan adalah NPF, QR, ROA, ROE, dan CAR. Tahun 2011-2014 dipilih sebagai tahun penelitian karena penyusunan ini membandingkan kinerja keuangan perbankan syariah sebelum dan sesudah perbankan diatur dan diawasi OJK. Berdasarkan kriteria yang ditentukan, diperoleh 11 bank umum syariah sebagai sampel penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif dengan menggunakan data sekunder berupa rasio-rasio keuangan bank-bank yang menjadi sampel penelitian. Alat analisis yang digunakan untuk membuktikan hipotesis dalam penelitian ini adalah uji paired sample test. Dari hasil analisis yang digunakan menunjukkan bahwa kinerja perbankan syariah sebelum dan sesudah perbankan diatur dan diawasi OJK dengan menggunakan lima rasio keuangan yaitu: NPF, QR, ROA, ROE, dan CAR. Dari ke lima rasio tersebut semua menunjukkan terdapat perbedaan kinerja perbankan syariah sebelum dan sesudah perbankan diatur dan diawasi OJK. Jika dilihat dari nilai mean semua rasio keuangan yang diteliti menunjukkan kinerja perbankan syariah sebelum diatur dan diawasi OJK lebih besar (lebih bagus) dibandingkan sesudah perbankan diatur dan diawasi OJK artinya terjadi penurunan kinerja perbankan syariah sesudah diatur dan diawasi OJK.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Zainal Arifin, M. Si,
Uncontrolled Keywords: NPF, QR, ROA, ROE, dan CAR
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Sep 2016 11:31
Last Modified: 07 Sep 2016 11:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21898

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum