PENGARUH METODE LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MAHĀRAH AL-KALĀM (Studi Eksperimen Di Kelas XI Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Gaten Condongcatur Depok Sleman Yogykarta Tahun Ajaran 2015/2016)

Adam Azmi Syahroni, NIM.12420002 (2016) PENGARUH METODE LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MAHĀRAH AL-KALĀM (Studi Eksperimen Di Kelas XI Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Gaten Condongcatur Depok Sleman Yogykarta Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MAHĀRAH AL-KALĀM (Studi Eksperimen Di Kelas XI Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Gaten Condongcatur Depok Sleman Yogykarta Tahun Ajaran 2015/2016))
12420002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MAHĀRAH AL-KALĀM (Studi Eksperimen Di Kelas XI Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Gaten Condongcatur Depok Sleman Yogykarta Tahun Ajaran 2015/2016))
12420002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (839kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan metode langsung dan seberapa besar peningkatan tersebut khususnya dalam pembelajaran mahārah al-kalām . penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana penelitiannya adalah siswa madrasah aliyah kelas XI dari populasi yang diteliti diambil dua kelompok yang homogen sebagai sampelnya, yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelompok kontrol dan kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen. Dengan menggunakan The Randomized Pretest-Posttest Control Group Design sebagai desain penelitiannya. Hasilpenelitian dengan menggunakan uji “t”menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan hasil belajar pembelajaran mahārah al-kalām siswa kelompok control dengan siswa kelompok eksperimen, dan terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan siswa kelompok eksperimen. Uji T Posttest antara kelompok kontrol dan eksperimen didapatkan nilai Sig= 0,047 <0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.Uji T nilai pretest dan posttest kelompok eksperimen menghasilkan nilai Sig= 0,0000 <0,05 (Ha diterima) yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar ssiswa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Perbedaan ini dapat dilihat dari skor rata-rata posttest kelompok kontrolsebesar 76,81 sedangkan kelompok eksperimen memperoleh skor rata-rata posttest sebesar 82,90 dan ratarata peningkatan hasil belajar kelompok eksperimen sebesar 17,72. Dengan melihat perbedaan skor rata-rata posttest yang diperoleh masing-masing kelompok menujukkan bahwa metode langsung dapat diterapkan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran mahārah al-kalām.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Maharah al Kalam, metode langsung
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Nov 2016 08:00
Last Modified: 02 Nov 2016 08:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21902

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum