PERMAINAN EDUKATIF BAHASA ARAB DALAM BUKU “1000 PERMAINAN PENYEGAR PEMBELAJARAN BAHASA ARAB” ANALISIS PERSPEKTIF TEORI KOGNITIF JEAN PIAGET

Puput Widiastuti, NIM. 12420020 (2016) PERMAINAN EDUKATIF BAHASA ARAB DALAM BUKU “1000 PERMAINAN PENYEGAR PEMBELAJARAN BAHASA ARAB” ANALISIS PERSPEKTIF TEORI KOGNITIF JEAN PIAGET. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERMAINAN EDUKATIF BAHASA ARAB DALAM BUKU “1000 PERMAINAN PENYEGAR PEMBELAJARAN BAHASA ARAB” ANALISIS PERSPEKTIF TEORI KOGNITIF JEAN PIAGET)
12420020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERMAINAN EDUKATIF BAHASA ARAB DALAM BUKU “1000 PERMAINAN PENYEGAR PEMBELAJARAN BAHASA ARAB” ANALISIS PERSPEKTIF TEORI KOGNITIF JEAN PIAGET)
12420020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahasa Arab masih dianggap sebagai pelajaran yang sulit karena pembelajarannya monoton, kurangnya inovasi guru, dan metode yang digunakan tidak sesuai dengan tahap perkembangan kognitif anak serta guru tidak kreatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kepustakaan yang data primernya diambil dari buku “1000 Permainan Penyegar Pembelajaran Bahasa Arab” dengan menggunakan analisis kognitif. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu (1) Klasifikasi permainan edukatif bahasa Arab dalam buku “1000 Permainan Penyegar Pembelajaran Bahasa Arab” berdasarkan kemahiran berbahasa dibagi menjagi 4 macam, yaitu : (a) kemahiran menyimak, (b) kemahiran berbicara, (c) kemahiran membaca, dan (d) kemahiran menulis. (2) Klasifikasi 1000 Permainan Penyegar pembelajaran bahasa Arab menurut teori perkembangan kognitif anak, dibagi menjadi empat, yaitu (a) Sensorimotor, dengan permainan; siapa dia, ingat dan sebut, kursi bernomor, bal, lakukan perintah, bal-bul, jodohkan sifat, satu dua tiga, angka favoritku, dan kubus struktur, (b) Pra-operasional yang dibagi menjadi tiga tahap, (i) simbolik, permainannya apa ini apa itu, sebut nama, teka-teki, menemukan orang hilang, pesona tiga belas, bertanya dan menjawab, tiga huruf modal, kotak rahasia, nomor telepon, ambil-ambilan, perintah, dan uji pengetahuan, (ii) egosentris, dengan permainan mengurai benda, mencipta kalimat, langkah-langkah lincah, cahay bertanya, kata berjajar, mengisi huruf yang hilang, apa hobi anda,dari apa itu?, membaca dan memperagakan, serta melengkapi kalimat, (iii) intuitif, dengan permainan Kejar Jejak, Mengejar huruf terakhir, Gambar Berilham, pelayan kantin, tebak tokoh, mengurutkan cerita, bisik berantai, mengeluarkan kata tak sejenis, benar salah, memaketkan koper ke kairo, robot dan teka-teki silang. (c) Operasional Konkret, permainan dalam tahap ini yaitu tangkap berita, temukan dia, mengisi pesan gambar, cecak dalam tas, metafor, wawancara dengan tokoh, menulis kenangan, memperagakan keterangan, awas salah, cerita bergilir, Juha kehilangan kacamata, kalimat rahasia, mengejar huruf pertama, memburu benda, sepak bola kalimat, dan suara apa itu, (d) Operasional Formal, dengan permainan cerita bersambung, cerita khayal, pengalaman mengerikan, berbicara spontan, Debat, Diam emas, Buah simalakama, Menaksir panjang, Lelang, Saya berharap, dan Siapa aku. Kata kunci : Permainan Edukatif, Analisis Teori Kognitif, Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: R. Umi Baroroh, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Permainan Edukatif, Analisis Teori Kognitif, Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Sep 2016 10:44
Last Modified: 21 Sep 2016 10:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21913

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum