PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA BNI SYARIAH CABANG YOGYAKARTA

NURAENI WIDYASTUTI, NIM. 12390065 (2016) PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA BNI SYARIAH CABANG YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA BNI SYARIAH CABANG YOGYAKARTA)
12390065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA BNI SYARIAH CABANG YOGYAKARTA)
12390065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh timbulnya fenomena persaingan antar merek khususnya untuk kategori industri perbankan syariah. Begitu halnya dengan salah satu lembaga perbankan syariah yang ada di Yogyakarta yaitu BNI Syariah. Dengan persaingan yang semakin kompetitif, maka pihak BNI Syariah perlu melakukan strategi, yaitu dengan meningkatkan brand equity. Penerapan strategi melalui peningkatan brand equity mampu menambah kepercayaan diri konsumen untuk menggunakan jasa BNI Syariah Cabang Yogyakarta, sehingga perusahaan dapat bertahan, bersaing, dan mendapat simpati dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh empat dimensi brand equity yaitu: (1) brand awareness (kesadaran merek), (2) brand association (asosiasi merek), (3) perceived quality (persepsi kualitas), (4) brand loyalty (loyalitas merek) secara simultan dan parsial terhadap proses keputusan penggunaan jasa BNI Syariah Cabang Yogyakarta. Data yang digunakan adalah data primer melalui kuesioner dan observasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan metode regresi linier berganda menggunakan alat bantu SPSS Version 16. Populasi yang dijadikan responden dalam penelitian ini adalah nasabah BNI Syariah Cabang Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik accidental sampling atau teknik pengambilan sampel yang dilakukan terhadap responden yang secara kebetulan ditemui pada obyek penelitian ketika observasi sedang berlangsung. Pengujian hipotesis menggunakan uji t (uji parsial) menunjukkan bahwa keempat veriabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen proses keputusan penggunaan jasa. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa seluruh variabel independen memang layak untuk menguji variabel dependen proses keputusan penggunaan jasa. Dengan kata lain variabel-variabel dalam brand equity yang terdiri dari brand awareness, brand association, perceived quality, brand loyalty secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap proses keputusan penggunaan jasa BNI Syariah Cabang Yogyakarta. Angka Adjusted R Square sebesar 0,552 menunjukkan bahwa sebesar 55,2 persen variasi proses keputusan penggunaan jasa dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 44,8 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar keempat variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. A. Yusuf Khoiruddin, SE., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: brand equity, brand awareness, brand association, perceived quality, brand loyalty, proses keputusan penggunaan jasa.
Subjects: Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Sep 2016 09:55
Last Modified: 08 Sep 2016 09:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21916

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum