PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN RASIO PASAR TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DENGAN HERDING BEHAVIOUR SEBAGAI PEMODERASI

FITRA NUR USWATUN KHASANAH, NIM. 12390074 (2016) PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN RASIO PASAR TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DENGAN HERDING BEHAVIOUR SEBAGAI PEMODERASI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN RASIO PASAR TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DENGAN HERDING BEHAVIOUR SEBAGAI PEMODERASI)
12390074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN RASIO PASAR TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DENGAN HERDING BEHAVIOUR SEBAGAI PEMODERASI)
12390074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Fenomena pertumbuhan perusahaan manufaktur mengalami kondisi yang cukup baik. Hal ini tidak terlepas dari peran investor dan manajer keuangan yang mengelola dana perusahaan. Pembahasan mengenai isu tersebut penting diperhatikan karena terkait dengan adanya peran manajer keuangan dan investor dalam mengambil keputusan dan keputusan yang diambil terkadang tidak berlandaskan pikiran yang rasional tetapi diindikasikan terdapat aspek psikologis yang dapat membuat keputusan tersebut tidak rasional karena pada dasarnya manusia memiliki rasa takut menyesal apabila melakukan kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris mengenai pengaruh struktur modal dan rasio pasar terhadap keputusan investasi serta pengaruh herding behaviour yang dapat memoderasi hubungan tersebut.Variabel independen penelitian ini adalah struktur modal, rasio pasar. Variabel moderasi penelitian ini adalah herding behaviour, sedangkan variabel dependen penelitian ini adalah keputusan investasi. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 21 sampel perusahaan dari 62 perusahaan yang tercatat sebagai Industri Dasar dan Kimia yang terdaftar di Daftar Efek Syariah. Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah selama 5 tahun yaitu dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2014. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi data panel dan metode moderation regression analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur modal tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi begitu juga dengan herding behaviour tidak mampu memoderasi hubungan tersebut. Hal ini dikarenakan bahwa perusahaan telah menerapkan shariah complient dalam penentuan struktur modalnya dan investor tidak menjadikan struktur modal sebagai pertimbangan utama dalam menentukan keputusan berinvestasinya. Sedangkan rasio pasar berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi dan herding behaviour dapat memoderasi hubungan keduanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Slamet Khilmi, M.SI
Uncontrolled Keywords: Keputusan investasi, Struktur modal, Rasio pasar, Herding Behaviour
Subjects: Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Sep 2016 10:47
Last Modified: 08 Sep 2016 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21920

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum