PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH MELALUI PENDEKATAN LIKUIDITAS, SOLVABILITAS DAN RENTABILITAS PADA BANK MUAMALAT INDONESIA TBK DAN BANK NEGARA INDONESIA SYARIAH PERIODE 2010-2014

LILIK KURNIAWATI, NIM. 12391004 (2016) PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH MELALUI PENDEKATAN LIKUIDITAS, SOLVABILITAS DAN RENTABILITAS PADA BANK MUAMALAT INDONESIA TBK DAN BANK NEGARA INDONESIA SYARIAH PERIODE 2010-2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH MELALUI PENDEKATAN LIKUIDITAS, SOLVABILITAS DAN RENTABILITAS PADA BANK MUAMALAT INDONESIA TBK DAN BANK NEGARA INDONESIA SYARIAH PERIODE 2010-2014)
12391004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH MELALUI PENDEKATAN LIKUIDITAS, SOLVABILITAS DAN RENTABILITAS PADA BANK MUAMALAT INDONESIA TBK DAN BANK NEGARA INDONESIA SYARIAH PERIODE 2010-2014)
12391004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Analisis kinerja keuangan dalam lembaga keuangan itu sangat penting, khususnya pada Bank Syariah. Selain untuk mengukur dan menilai kemampuan Bank dalam menjalankan fungsinya, juga dapat dijadikan sebagai referensi bagi pihak luar khususnya para investor yang ingin menanamkan modalnya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan dan membandingkan kinerja keuangan Bank melalui pendekatan Likuiditas, Solvabilitas, dan Rentabilitas pada Bank Muamalat Indonesia Tbk (BMI) dan Bank Negara Indonesia Syariah (BNI Syariah) periode 2010-2014. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan yang dipublikasikan melalui situs resmi Bank Muamalat Indonesia Tbk dan Bank Negara Indonesia Syariah. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis rasio keuangan dari masing-masing indikator. Pada Indikator Likuiditas diukur dengan rasio Financing to Deposit Ratio (FDR), Quick Ratio (QR), pada indikator Solvabilitas diukur dengan rasio Capital Adequancy Ratio (CAR), Total Debt to Total Asset Ratio (TDTAR), pada indikator Rentabilitas diukur dengan rasio Return On Asset (ROA), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO). Metode yang digunakan untuk melihat perbandingan kinerja keuangan Bank Muamalat Indonesia Tbk dan Bank Negara Indonesia Syariah adalah metode Independent Sample t-test. Analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan untuk rasio QR, sedangkan pada rasio FDR, CAR, TDTAR, ROA, BOPO tidak tedapat perbedaan yang signifikan. Kinerja keuangan Bank Negara Indonesia Syariah lebih baik dilihat dari rasio FDR, QR, CAR, BOPO. Sedangkan kinerja keuangan Bank Muamalat Indonesia Tbk lebih baik dilihat dari rasio TDTAR dan ROA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. A. Yusuf Khoiruddin, SE., M.Si., dan H. M. Yazid Afandi, M. Ag.,
Uncontrolled Keywords: Rasio Keuangan, FDR, QR, CAR, TDTAR, ROA, BOPO, Independent Sample t-test.
Subjects: Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Sep 2016 14:00
Last Modified: 08 Sep 2016 14:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21928

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum