TEKNIK ICE BREAKING SEBAGAI PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK GUNUNGKIDUL (Studi Eksperimen)

Encep Apip, NIM. 12420054 (2016) TEKNIK ICE BREAKING SEBAGAI PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK GUNUNGKIDUL (Studi Eksperimen). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TEKNIK ICE BREAKING SEBAGAI PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK GUNUNGKIDUL (Studi Eksperimen))
12420054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (TEKNIK ICE BREAKING SEBAGAI PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK GUNUNGKIDUL (Studi Eksperimen))
12420054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan model design eksperimen Onepretes-posttes. Penelitian ini memiliki duavariabel, yang pertama variabel bebas yaitu Ice Breaking, yang kedua variabel terikat yaitu Peningkatanpembelajaranbahasa Arab ( fokuspadapeningkatanprestasibelajarsiswa). Adapunsampelnya kelas X Otomotifsebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu dengan memberikan pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji “t” dengan bantuan SPSS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan diterapkannya teknik Ice Breaking pada pembelajaran bahasa Arab akan adanya peningkatan prestasi belajarsiswa kelas Kelas X SMK Muhammadiyah I Patuk Gunungkidul. Hasil penelitian ini menunjukkan: Pertama penerapan ice breakingdalam pembelajaran bahasa Arab disetiap pertemuan pembelajaran dengn jenis ice breaking pembuka, utama dan penutup yaitu tepuk, nyanyi dan permainan. Hal ini dapat dilihat dari perubahan rata-rata nilai pretest ke postest pada kelas eksperimen. Rata-rata nilai pretest46.1000, dan74.7333pada kelas eksperimen. Dari sini bisa dilihatada perubahan yang signifikan dari nilai pretest ke postest pada kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perubahan yang signifikan prestasi belajar siswa dengan penerapan tekni ice breaking pada pembelajaran bahasa arab. Kata kunci : Eksperimen, Ice Breaking, Peningkatan Pembelajaran (fokus prestasi belajar).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Maksudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Eksperimen, Ice Breaking, Peningkatan Pembelajaran (fokus prestasi belajar).
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Nov 2016 11:39
Last Modified: 29 Nov 2016 11:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21933

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum