PENERAPAN MEDIA GAME EDUKATIF BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI NEGERI YOGYAKARTA 1

Musyafaul Akhwat, NIM. 12420088 (2016) PENERAPAN MEDIA GAME EDUKATIF BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI NEGERI YOGYAKARTA 1. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MEDIA GAME EDUKATIF BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI NEGERI YOGYAKARTA 1)
12420088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MEDIA GAME EDUKATIF BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI NEGERI YOGYAKARTA 1)
12420088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (827kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri Yogyakarta 1, anak didik seringkali kurang memperhatikan penjelasan guru ketika proses pembelajaran berlangsung. Hal tersebut bisa dikarenakan media pembelajaran kurang dapat menarik perhatian siswa secara keseluruhan. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaikinya dengan menerapkan media game edukatif berbasis android untuk keberlangsungan pembelajaran dan meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa-siswi kelas III MI Negeri Yogyakarta 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan media game edukatif berbasis android pada siswa kelas III MI Negeri Yogyakarta 1 serta mengetahui efektifitasnya setelah media tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar Madrasah Ibtidaiyah Negeri Yogyakarta 1. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes untuk melengkapi data serta menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkapkannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media game edukatif berbasis android dalam pembelajaran bahasa Arab pada kelas III MI Negeri Yogyakarta 1 berada dalam kondisi baik sekali dengan nilai rata-rata siswa 8,69. Media game edukatif berbasis android juga dapat membangun minat siswa dalam belajar bahasa Arab. Siswa juga dapat berpartisipasi aktif dan bertambah semangat dalam menerima materi yang disampaikan. Ini merupakan hal yang positif dan perlu ditingkatkan oleh pendidik guna tercapainya tujuan pendidikan. Khususnya tujuan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Yogyakarta 1 dan tujuan pendidikan nasional secara umum. Kata Kunci : Media, Game Edukatif, Android, Pembelajaran Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Media, Game Edukatif, Android, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Nov 2016 08:39
Last Modified: 23 Nov 2016 08:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21942

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum