PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP PROFITABILITAS DAN NILAI PASAR PADA PERUSAHAAN YANG TERCATAT DI JAKARTA ISLAMIC INDEX TAHUN 2012-2014

ICUT ZULFIANI, NIM. 12391038 (2016) PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP PROFITABILITAS DAN NILAI PASAR PADA PERUSAHAAN YANG TERCATAT DI JAKARTA ISLAMIC INDEX TAHUN 2012-2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP PROFITABILITAS DAN NILAI PASAR PADA PERUSAHAAN YANG TERCATAT DI JAKARTA ISLAMIC INDEX TAHUN 2012-2014)
12391038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP PROFITABILITAS DAN NILAI PASAR PADA PERUSAHAAN YANG TERCATAT DI JAKARTA ISLAMIC INDEX TAHUN 2012-2014)
12391038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Intellectual capital telah menjadi aset yang sangat berharga dalam dunia bisnis modern. Menurut resource based theory, intellectual capital adalah salah satu sumber daya perusahaan yang dapat memberikan sustainable competitive advantage dan merupakan strategi untuk menghasilkan nilai bagi perusahaan. Value Added Intellectual Capital (VAICTM) adalah metode pengukuran intellectual capital yang dikembangkan oleh Pulic. Penelitian ini menggunakan metode yang dikembangkan oleh Pulic karena dianggap mudah dalam mencari data yang dibutuhkan. Data-data yang dibutuhkan sebagian besar dicantumkan dalam laporan keuangan. Data penelitian diperoleh dari 30 perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index selama tiga periode 2012-2014 dengan 18 jumlah perusahaan sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan program statistik Eviews 8 untuk analisis regresi data panel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh bukti empiris tentang pengaruh intellectual capital terhadap profitabilitas dan nilai pasar perusahaan. Profitabilitas diproksikan dengan return on asset (ROA) dan nilai pasar perusahaan diproksikan dengan price earning ratio (PER). Hasil penelitian ini menujukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh intellectual capital terhadap profitabilitas dan nilai pasar perusahaan. Sedangkan secara parsial hanya VAHU yang berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas dan nilai pasar. VACA dan STVA tidak berpengaruh terhadap profitabilitas dan nilai pasar perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sunaryati, S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Intellectual Capital, profitabiilitas (ROA), nilai pasar (PER)
Subjects: Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Sep 2016 10:45
Last Modified: 13 Sep 2016 10:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21990

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum