PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KARISMATIK KIAI TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SANTRIWATI DENGAN KIAI DI PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA

KURNIATUS SA’ADAH, NIM . 12720006 (2016) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KARISMATIK KIAI TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SANTRIWATI DENGAN KIAI DI PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KARISMATIK KIAI TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SANTRIWATI DENGAN KIAI DI PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
12720006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KARISMATIK KIAI TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SANTRIWATI DENGAN KIAI DI PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
12720006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (928kB)

Abstract

Kiai merupakan agen sentral, pemegang kekuasaan tertinggi dalam kehidupan pondok pesantren, Kepemimpinan kiai tidak memakai aturan formal seperti dalam birokrasi pemerintahan. Kepemimpinan kiai bersifat temurun yaitu berasal dari garis keturunan keluarga. Kiai yang memiliki, mempertahankan, mengasuh, dan mengembangkan pesantren, peran kiai dalam Pondok Pesantren tentu disertai adanya interaksi kiai sebagai pengasuh, dan santri sebagai komunitasnya. Bentuk hubungan santriwati dengan kiai tentu berbeda dengan hubungan santriwati dengan santriwati, maupun santriwati dengan lingkungan. Hubungan kiai dengan santriwati bersifat vertikal, sehingga santriwati sangat menjaga sikap dan sopan santun terhadap kiai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara gaya kepemimpinan kiai terhadap interaksi sosial santriwati dengan kiai di pondok pesantren wahid hasyim yogyakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori karismatik Weber. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yakni metode kuantitatif, sedangkan pengumpulan data dengan menggunakan pengisian kuesioner variabel gaya kepemimpinan karismatik kiai dan variabel interaksi sosial santriwati dengan kiai. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistic product moment person dan analisis regresi linier sederhana dengan taraf signifikan 1%. Alat yang digunakan untuk menganalisis hasil data yang diperoleh dengan menggunakan bantuan program SPSS version 16 for windows. Hasil analisis dari data yang diperoleh dilapangan menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif antara gaya kepemimpinan karismatik kiai terhadap interaksi sosial santriwati dengan kiai. Hasil uji persamaan regresi linier sederhana Y = 16.200 + 0,299 X yang artinya apabila X (gaya kepemimpinan karismatik kiai) mengalami kenaikan maka Y (interaksi sosial santriwati dengan kiai) juga akan mengalami kenaikan/ semakin kuat. Sebaliknya apabila X (gaya kepemimpinan karismatik kiai) mengalami penurunan maka Y (Interaksi sosial santriwati dengan kiai) akan turun / melemah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: gaya kepemimpinan karismatik, kiai, interaksi sosial, santriwati.
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Sep 2016 18:41
Last Modified: 16 Sep 2016 18:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22008

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum