PERSEPSI SISWA KELAS VIII TERHADAP KINERJA PERSONIL BIMBINGAN DAN KONSELING SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA

WANTI RINARNI 02221010, (2009) PERSEPSI SISWA KELAS VIII TERHADAP KINERJA PERSONIL BIMBINGAN DAN KONSELING SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 2 Kalasan Sleman Yogyakarta pada 60 siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Kalasan, Sleman, Yogyakarta, pada tanggal 21 Desember 2007 sampai dengan 21 Maret 2008. Penelitian ini merupakan menelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif secara sederhana untuk mempermudah dalam pendeskrisian data dengan menggunakan prosentase dalam analisa data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap kinerja personil bimbingan dan konseling di sekolahnya, apakah baik atau kurang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi siswa terhadap kinerja personil bimbingan dan konseling di SMP Muhammadiyah 2 Kalasan secara umum dapat dikatakan masih kurang baik. Karena prosentase jawaban yang diberikan menunjukkan bahwa kinerja personil bimbingan dan konseling masih belum begitu baik atau tidak baik, karena dari hasil prosentase jawaban yang bernilai positif berkisar dibawah angka 45 %. Itu berarti sesuai dengan kriteria yang ada apabila prosentasi nilai positif dibawah 45 % itu berarti persepsi siswa terhadap kinerja personil bimbingan dan konseling masih beum baik. Hal tersebut salah satunya disebabkan karena intensitas kedatangan siswa masih sangat kurang, dan hampir sebagian yang datang ke ruang bimbingan dan konseling adalah siswa-siswa yang bermasalah/melanggar tata tertib. Dengan seringnya melihat siswa yang datang ke ruang bimbingan dan konseling karena melanggar tata tertib yang ada, yang kemudian diberikan sanksi. Hal tersebut menimbulkan adanya anggapan bahwa ruang bimbingan dan konseling hanya diperuntukkan bagi siswa yang nakal saja, dan bimbingan dan konseling yang ada di sekolahnya dianggap sebagai polisi sekolah yang hanya bertugas mendisiplinkan dan memberikan sanksi/hukuman bagi siswa yang melanggar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. H. M. Bahri Ghozali, MA., M. Khoirudin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Konseling, SMP
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2201

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum