DISKRIMINASI INTERNAL PADA KOMUNITAS WARIA (KAJIAN SOSIOLOGI GENDER TERHADAP WARIA-WARIA PEKERJA SALON DI YOGYAKARTA)

AFAF MAULIDA, NIM. NIM. 11540069 (2016) DISKRIMINASI INTERNAL PADA KOMUNITAS WARIA (KAJIAN SOSIOLOGI GENDER TERHADAP WARIA-WARIA PEKERJA SALON DI YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DISKRIMINASI INTERNAL PADA KOMUNITAS WARIA (KAJIAN SOSIOLOGI GENDER TERHADAP WARIA-WARIA PEKERJA SALON DI YOGYAKARTA))
11540069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DISKRIMINASI INTERNAL PADA KOMUNITAS WARIA (KAJIAN SOSIOLOGI GENDER TERHADAP WARIA-WARIA PEKERJA SALON DI YOGYAKARTA))
11540069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Wacana LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender) merupakan persoalan yang sangat kompleks, dan memiliki dinamika yang luas, sehingga menuntut penanganan dan pemecahan masalah dengan mempertimbangkan beberapa aspek yang melingkupi pelaku LGBT tersebut. Selain menjadi bagian dari wacana gender, LGBT juga tidak dapat dipisahkan dari permasalahan sosial, budaya, dan agama karena semua itu memiliki hubungan yang saling berkaitan. Salah satu dari wacana LGBT yang perlu mendapatkan perhatian adalah soal transgender atau waria. Apabila ditinjau lebih jauh, problematika waria memiliki kompleksitas yang multiaspek. Diantaranya seperti waria yang memiliki permasalahan dengan sesama waria, salah satunya adalah soal diskriminasi internal. Misalnya adalah pada komunitas waria pekerja salon di Yogyakarta yang menjadi informan dalam penelitian ini. Diskriminasi internal yang dimaksud merupakan refleksi pengalaman dari para informan yang dianggap dan didiskreditkan sebagai waria kelas bawah oleh rekan sesama waria, bukan mempertentangkan dua kelompok tertentu secara frontal. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode analisis deskriptif dan berjenis kualitatif. Adapun pengumpulan data yang peneliti lakukan yakni melalui langkah-langkah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primernya adalah wariawaria pekerja salon yang berada di Yogyakarta. Adapun sumber data sekundernya antara lain buku, jurnal, dokumen, dan sebagainya yang berkaitan dengan tema dalam penelitian ini, yakni diskriminasi internal pada komunitas waria di Yogyakarta. Sementara itu, untuk menganalisisnya digunakan teori pertentangan kelas Karl Marx dengan perspektif gender Mansour Fakih. Dari penelitian ini ditemukan bahwa di dalam komunitas waria-waria pekerja salon terdapat dua klasifikasi waria, yaitu kelompok waria kelas atas dan kelompok waria kelas bawah. Adanya klasifikasi inilah yang menjadi titik tolak adanya diskriminasi internal di kalangan waria pekerja salon di Yogyakarta. Kelompok waria kelas atas ini yang menjadi pelaku diskriminasi internal terhadap kelompok waria kelas bawah. Adapun bentuk-bentuk diskriminasi yang dialami mereka adalah marginalisasi, stereotip, subordinasi, dan kekerasan. Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi terjadinya diskriminasi internal seperti faktor ekonomi, faktor gender, faktor agama, dan faktor sosial budaya. Dampak yang dirasakan oleh kelompok waria kelas bawah juga meliputi beberapa aspek, di antaranya secara ekonomi dan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Adib Sofia, S.S., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Waria, Diskriminasi, Diskriminasi internal waria.
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Sep 2016 09:24
Last Modified: 20 Sep 2016 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22020

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum