TINJAUAN SOSIOLOGIS TERHADAP REPRODUKSI NILAI KEAGAMAAN (STUDI KASUS MA’IYAH MOCOPAT SYAFA’AT DI KASIHAN BANTUL-DIY) SKRIPSI

HAMMAD MUTAWAKKIL HIBATILLAH, NIM. 12540024 (2016) TINJAUAN SOSIOLOGIS TERHADAP REPRODUKSI NILAI KEAGAMAAN (STUDI KASUS MA’IYAH MOCOPAT SYAFA’AT DI KASIHAN BANTUL-DIY) SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN SOSIOLOGIS TERHADAP REPRODUKSI NILAI KEAGAMAAN (STUDI KASUS MA’IYAH MOCOPAT SYAFA’AT DI KASIHAN BANTUL-DIY) SKRIPSI)
12540024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN SOSIOLOGIS TERHADAP REPRODUKSI NILAI KEAGAMAAN (STUDI KASUS MA’IYAH MOCOPAT SYAFA’AT DI KASIHAN BANTUL-DIY) SKRIPSI)
12540024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (956kB)

Abstract

Jama’ah Ma’iyah Macapat Syafaat sebagai kelompok sosial (social group) memiliki karakteristik sendiri dalam pemetaan permasalahan kehidupan mereka di tengah permasalahan sosial dan keagamaan. Dikotomi pemahaman antara agama dan budaya yang berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat membawa dampak kepada relasi sosial mereka. Berangkat dari permasalahan tersebut, perlu pengkajian lebih lanjut dengan dasar dua pertanyaan mendasar: Pertama, Apa saja pola pemaknaan ulang nilai keagamaan Jamaah Maiyah Mocopat Syafaat?Kedua, Bagaimana bentuk penyerapan dan internalisasi nilai-nilai keagamaan Jamaah Macapat Syafaat dalam relasi sosial para anggota Jamaah Maiyah? Penelitian ini merupakan jenis penilitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan gambaran berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang ataupun perilaku yang dapat diamati. Riset ini merupakan studi kasus, yaitu mempelajari dan memetakan permasalahan seputar agama dan budaya beserta bagaimana mendapatkan pola-pola pemaknaan ulang dan implikasinya kepada Jama’ah Ma’iyah Macapat Syafaat. Penggunaan teori konstruksi sosial dalam menguraikan proses internalisasi yang sebelumnya melalui eksternalisasi dan objektifikasi. Dari Hasil penelitian ini didapati beberapa kesimpulan yang melingkupi permasalahan seputar agama, budaya dan pendidikan. Ketiga muatan ini dapat menentukan arah peradaban dan parameter suatu bangsa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Pertama, agama memiliki wiyalah yang bermacammacam termasuk meliputi wilayah ibadah. Ada wilayah ibadah mahdhoh dan ada wilayah muamalah. Ibadah mahdhoh meliputi ibadah wajib yang tidak memerlukan kreatifitas, sedang ibadah muamalah merupakan ibadah dengan wilayah kreatifitas dapat berupa lagu, syair, puisi, tarian dan kebudayaan (2) Kedua, bahwa pendidikan ialah faktor penting sebagai penunjang jalannya peradaban suatu bangsa, hingga pada pengaruh peradaban umat manusia. Model pendidikan reproduksi dan produksi sebagai idiom baru dapat menjadi model baru pada penerapan sistem dan metodologi pembelajaran bagi para siswa dan anak didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Phil Al Makin, S.Ag M.A
Uncontrolled Keywords: Konstruksi, Agama, Budaya, Pendidikan, Jama’ah Ma’iyah Mocopat Syafaat
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Sep 2016 13:17
Last Modified: 20 Sep 2016 13:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22027

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum