POTRET PERUBAHAN MORALITAS ANAK TERHADAP PENGARUH KEMAJUAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI ( Studi Kasus Di Desa Balingasal, Kecamatan Padureso, Kabupaten Kebumen )

AHMAD MUKHAZIN, NIM. 12540061 (2016) POTRET PERUBAHAN MORALITAS ANAK TERHADAP PENGARUH KEMAJUAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI ( Studi Kasus Di Desa Balingasal, Kecamatan Padureso, Kabupaten Kebumen ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NUr Arifin, NIM. 12440058 (2016) MOTIF BERGABUNG DALAM ALIRAN SAPTA DARMA)
12540061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (33MB) | Preview
[img] Text (NUr Arifin, NIM. 12440058 (2016) MOTIF BERGABUNG DALAM ALIRAN SAPTA DARMA)
12540061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (486kB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin maju dengan segala kemanfaatannya telah memberikan pengaruh yang besar bagi kehidupan manusia. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan kemudahan bagi manusia dalam aktifitas memenuhi kebutuhan kehidupannya. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mengakibatkan perubahan-perubahan dalam kehidupan manusia, baik perubahan-perubahan yang positif maupun negatif. Dalam perkembangannya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mengakibatkan banyak sekali perubahan-perubahan yang negatif bagi kehidupan manusia terutama dalam perkembangan moralitas yang terjadi pada anak-anak sekarang ini. Banyak sekali perilaku menyimpang yang dilakukan oleh anak-anak, di mana dalam perkembangannya mereka seperti mempunyai rasa bangga ketika malakukan suatu perilaku yang menyimpang. Dari latar belakang masalah di atas, peneliti menemukan beberapa permasalahan yang perlu diteliti, diantaranya: faktor-faktor yang memengaruhi perubahan-perubahan moralitas pada anak-anak yang terjadi di desa Balingasal, Kec. Padureso, Kab. Kebumen dan Bagaimana pengaruh kehidupan keagamaan masyarakat Desa Balingasal terhadap perubahan moralitas anak dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk menjawab masalah tersebut penulis melakukan pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research), menggunakan pendekatan sosiologi dengan menggunakan pisau analisis perubahan sosial dan moralitas menurut Emile Durkheim. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Perubahan moralitas anak di Desa Balingasal terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terjadi karena terdapat beberapa faktor, diantaranya: (1) Perkembangan atau pertumbuhan teknologi yang pesat di Desa Balingasal, (2) Pergaulan dan lingkungan bermain, (3). Intensitas atau tingkat pengawasan orang tua yang masih rendah, (4) Masih kurangnnya partisipasi lembaga pemerintahan desa dalam berperan aktif menanamkan nilai-nilai moralitas, (5) Tuntutan ekonomi. Kemudian kehidupan keagamaan anak di Desa Balingasal bersumber dari dua aspek yaitu aspek keturunan dan aspek lingkungan. Sementara itu kesadaran keagamaan yang ditunjukkan oleh masyarakat desa Balingasal kebanyakan mereka uraikan dalam bentuk nilai-nilai keagamaan baik yang bersifat ritual maupun ibadah sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muhammad Amin, Lc. M.A
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Sep 2016 15:25
Last Modified: 21 Sep 2016 15:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22038

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum