KONTRIBUSI KIAI BAIDOWI DALAM PERKEMBANGAN ISLAM DI KECAMATAN KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES JAWA TENGAH (1942-1953 M.) SKRIPSI

ANISATUL HILMIYATI, NIM. 12120020 (2016) KONTRIBUSI KIAI BAIDOWI DALAM PERKEMBANGAN ISLAM DI KECAMATAN KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES JAWA TENGAH (1942-1953 M.) SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI KIAI BAIDOWI DALAM PERKEMBANGAN ISLAM DI KECAMATAN KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES JAWA TENGAH (1942-1953 M.) SKRIPSI)
12120020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI KIAI BAIDOWI DALAM PERKEMBANGAN ISLAM DI KECAMATAN KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES JAWA TENGAH (1942-1953 M.) SKRIPSI)
12120020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

KONTRIBUSI KIAI BAIDOWI DALAM PERKEMBANGAN ISLAM DI KECAMATAN KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES JAWA TENGAH (1942-1953 M.) Perkembangan Agama Islam di Kecamatan Ketanggungan tidak terlepas dari peran seorang kiai. Istilah kiai pada umumnya dipakai oleh masyarakat Jawa untuk menyebut orang yang memimpin pesantren. Namun, seiring berkembangnya zaman, banyak ulama yang cukup berpengaruh di masyarakat yang mendapat gelar “kiai” walaupun tidak memimpin pesantren. Salah satu tokoh yang memiliki peran penting dalam perkembangan Agama Islam di wilayah Kecamatan Ketanggungan adalah Kiai Baidowi. Dalam penelitian ini, penulis mengidentifikasi latar belakang Kiai Baidowi, Kontribusi, dan Respon Masyarakat terhadap perjuangan Kiai Baidowi dalam mengembangkan ajaran Agama Islam di Kecamatan Ketanggungan. Penulis menggunakan pendekatan sosiologis untuk mengungkap aktivitas Kiai Baidowi dalam mengembangkan Agama Islam di Kecamatan Ketanggungan. Teori yang dianggap relevan dalam penelitan ini adalah teori peranan yang dikemukakan oleh Soerjono Soekanto. Menurutnya, seseorang akan terlihat peranannya ketika berhasil menduduki posisi tertentu dalam masyarakat atau organisasi. Hal ini terlihat dari Kiai Baidowi yang mampu berada dalam struktur sosial masyarakat di Kecamatan Ketanggungan. Penelitian ini juga merupakan penelitian sejarah (history research), yang dalam prosesnya melalui empat tahapan yaitu; heuristik yakni sebuah teknik dalam mengumpulkan data. Pengumpulan data diperoleh dari sumber lisan dan tertulis. Tahap berikutnya adalah verifikasi yang artinya tahapan penulis melakukan kritik terhadap sumber yang diperoleh. Kritik ini berupa kritik intern dan ekstern. Tahapan selanjutnya adalah interpretasi yaitu penafsiran terhadap fakta sejarah yang telah ditemukan sehingga data dapat disusun secara kronologis dan sistematis. Tahapan terakhir adalah historiografi yakni penulisan sejarah yang mencakup pengantar, hasil penelitian, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kiai Baidowi merupakan tokoh pendatang dari Kabupaten Indramayu yang memiliki kontribusi besar dalam perkembangan Islam di Kecamatan Ketanggungan. Demikian dapat dibuktikan secara faktual dengan beberapa peninggalannya seperti makan, masjid, rumah panggung, dan beberapa kegiatan keagamaan yang masih berjalan hingga saat ini di Kecamatan Ketanggungan. Ketaatan masyarakat terhadap perintah menjalankan ajaran Agama Islam secara lebih mendalam juga menjadi sebuah bukti adanya respon baik dari masyarakat kecamatan Ketanggungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Riswinarno, S. S., M. M.
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Islam, Kontribusi, Kiai
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 22 Sep 2016 14:17
Last Modified: 22 Sep 2016 14:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22050

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum