EFEKTIFITAS PROGRAM USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA SEJAHTERA (UPPKS) TERHADAP KELOMPOK SOKA DI GUNUNGKETUR PAKUALAMAN YOGYAKARTA

INTAN RIANA DEWI, NIM. 12250055 (2016) EFEKTIFITAS PROGRAM USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA SEJAHTERA (UPPKS) TERHADAP KELOMPOK SOKA DI GUNUNGKETUR PAKUALAMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS PROGRAM USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA SEJAHTERA (UPPKS) TERHADAP KELOMPOK SOKA DI GUNUNGKETUR PAKUALAMAN YOGYAKARTA)
12250055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS PROGRAM USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA SEJAHTERA (UPPKS) TERHADAP KELOMPOK SOKA DI GUNUNGKETUR PAKUALAMAN YOGYAKARTA)
12250055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) merupakan program pemerintah lembaga non departeman oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang bergerak dalam bidang pemberdayaan ekonomi keluarga diharapkan dengan adanya program UPPKS dapat meningkatkan kualitas keluarga agar mampu mengembangkan akan potensi dan meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui bentuk usaha ekonomi produktif bagi para anggota sebagai upaya pengentasan kemiskinan untuk menekan angka kelahiran sehingga pertumbuhan penduduk dapat seimbang dengan adanya program Keluarga Berencana (KB). Atas dasar pemaparan diatas, peneliti telah melakukan penelitian terhadap efektifitas program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) terhadap kelompok SOKA di Gunungketur Pakualaman Yogyakarta. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kasubid pemberdayaan ekonomi keluarga, penyuluh lapangan keluarga berencana (PLKB), pengurus dan anggota kelompok UPPKS SOKA. Sedangkan objek penelitian ini adalah melihat efektif atau tidaknya program UPPKS yang dijalankan oleh kelompok SOKA Gunungketur Pakualaman Yogyakarta. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah menggunakan analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyaji data, dan penarikan kesimpulan, serta keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Efektifitas Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera Terhadap Kelompok SOKA di Gunungketur Pakualaman Yogyakarta menunjukkan ada yang sudah berjalan dengan efektif, namun ada juga yang belum dikatakan efektif. Dalam program UPPKS dikatakan efektif ditandai masih adanya perputaran modal yang berjalan dengan lancar. Kemudian para anggota mendapatkan hasil keuntungan dari hasil usaha masing-masing para anggota UPPKS. Program UPPKS ini juga terbukti memberikan banyak manfaat di Kelompok UPPKS SOKA seperti meningkatkan kualitas hidup bagi para anggotanya dengan mengembangkan usaha ekonomi produktif dalam meningkatkan akan taraf pendapatan keluarga. Berbagai kegiatan yang telah dilakukan di kelompok UPPKS SOKA juga sudah berjalan dengan efektif. Program dikatakan belum efektif pada pemahaman program mengenai akan maksut dan tujuan dibentuknya program UPPKS bagi para anggota UPPKS karena kurangnya sosialisasi dari pihak penyelenggara program karena hanya melakukan sosialisasi dengan pihak pengurus saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Lathiful Khuluq, Drs, MA, BSW, Ph.D. NIP. 196806101992031003
Uncontrolled Keywords: Efektifitas Program, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS).
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Sep 2016 08:06
Last Modified: 26 Sep 2016 08:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22061

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum