INTERVENSI TIM RPTC DALAM PENANGANAN KRISIS PADA WANITA KORBAN KEKERASAN SEKSUAL (STUDY KASUS DI (RPTC) RUMAH PERLINDUNGAN TRAUMA CENTER BPRSW YOGYAKARTA

RIA OKTA FIANI, NIM. 12250106 (2016) INTERVENSI TIM RPTC DALAM PENANGANAN KRISIS PADA WANITA KORBAN KEKERASAN SEKSUAL (STUDY KASUS DI (RPTC) RUMAH PERLINDUNGAN TRAUMA CENTER BPRSW YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERVENSI TIM RPTC DALAM PENANGANAN KRISIS PADA WANITA KORBAN KEKERASAN SEKSUAL (STUDY KASUS DI (RPTC) RUMAH PERLINDUNGAN TRAUMA CENTER BPRSW YOGYAKARTA)
12250106_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (INTERVENSI TIM RPTC DALAM PENANGANAN KRISIS PADA WANITA KORBAN KEKERASAN SEKSUAL (STUDY KASUS DI (RPTC) RUMAH PERLINDUNGAN TRAUMA CENTER BPRSW YOGYAKARTA)
12250106_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (731kB)

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang Intervensi Konseling Krisis yang dilakukan oleh Tim RPTC untuk menangani wanita korban kekerasan seksual di RPTC. Penelitian ini dilakukan mengingat bahwa korban kekerasan seksual dari tahun 2012 hingga 2015 menjadi meningkat dan dari tindakan itu akan menjadikan korban kekerasan seksual menjadi trauma. Untuk itu diperlukan Intervensi Konseling Krisis agar korban segera mendapat pertolongan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan mekanisme kerja Tim RPTC dalam konseling krisis serta kendala yang dihadapi. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan, metode penelitian ini adalah kualitatif. Data dipilih dengan teknik purposive sampling dari Tim RPTC. Objek penelitian ini adalah tentang mekanisme kerja Tim RPTC dan kendala dalam melaksanakannya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna dari hasil penelitian, kemudian hasil tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Korban kekerasan seksusal akan mengalami trauma yang berkepanjangan apabila tidak segera ditangani. Dengan demikian RPTC memberikan Intervensi krisis pada klien. Intervensi krisis ini dilakukan oleh beberapa tim profesi atau tim RPTC, yaitu tenaga medis, psikolog, dan pekerja sosial. Prosedur penanganan intervensi krisis tersebut yaitu merencanakan dan melaknsakan asessmen krisis (meliputi ukuran-ukuran yang mematikan), membangun hubungan saling percaya dan membangun relasi dengan cepat, mengidentifikasi masalah-masalah utama, menghadapai perasaan dan emosi, membangun dan menjajaki alternatif, mengembangkan dan marumuskan rencanan tindakan, tindak lanjut dan kesepakatan. Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan tentang Intervensi Tim RPTC Dalam Penanganan Krisis Pada Wanita Korban Kekerasan Seksual (Study Kasus Di (RPTC) Rumah Perlindungan Trauma Center BPRSW Yogyakarta), bahwa korban kekerasaan seksual mendapatkan intervensi krisis supaya meringankan traumanya. Dalam intervensi krisis RPTC melakuakan kolaborasi dengan peksos, medis, psikolog.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Andayani, S.IP, MSW NIP: 19721016 199903 2 008
Uncontrolled Keywords: intervensi, krisis dan kekerasan seksual wanita
Subjects: Komunikasi Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Sep 2016 08:31
Last Modified: 26 Sep 2016 08:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22064

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum