MOTIVASI BELAJAR SISWA PEMEGANG KARTU MENUJU SEJAHTERA (KMS) DI SMP NEGERI 15 KOTA YOGYAKARTA

GALIH AGUS SETYAWAN, NIM. 12250115 (2016) MOTIVASI BELAJAR SISWA PEMEGANG KARTU MENUJU SEJAHTERA (KMS) DI SMP NEGERI 15 KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MOTIVASI BELAJAR SISWA PEMEGANG KARTU MENUJU SEJAHTERA (KMS) DI SMP NEGERI 15 KOTA YOGYAKARTA)
12250115_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (31MB) | Preview
[img] Text (MOTIVASI BELAJAR SISWA PEMEGANG KARTU MENUJU SEJAHTERA (KMS) DI SMP NEGERI 15 KOTA YOGYAKARTA)
12250115_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

pemegang KMS di SMP Negeri 15 kota Yogyakarta untuk mengetahui seberapa besar motivasi belajar siswa pemegang KMS di SMP Negeri 15 kota Yogyakarta hasil yang diperoleh penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan evaluasi terhadap kebijakan KMS dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kurang mampu dan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi siswa pemegang KMS dalam meningkatkan motivasi belajar sehingga bantuan yang diberikan pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dapat tepat sasaran. Penelitian ini termasuk deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis yang mengambil lokasi di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Pengambilan sampel yang dilakukan dengan cara purposive sampling. Pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik observasi langsung, wawancara mendalam, mengkaji dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teknik dari reduksi data, penyaji data dan penarikan kesimpulan, serta keabsahan data dengan teknik triangulasi. Setelah dilakukan analisis diperoleh kesimpulan; 1) Motivasi belajar siswa pemegang KMS di SMP Negeri 15 Yogyakarta trerbukti melakukan ativitas belajar berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa siswa KMS dapat naik kelas dan dapat menuntaskan standar kurikulum 2013 dengan batas minimal 75 meskipun ada beberapa persoaln yang terjadi di sekolah seperti bolos sekolah dan ribut di kelas tapi siswa dapat menyelesaikan tugas yang diberikan guru dengan baik. Penyebab timbulnya motivasi belajar siswa berasal dari dorongan orang tua dan keinginan siswa untuk melanjutkan sekolah ke universitas sehingga siswa termotivasi melakukan aktivitas belajar. 2) Dengan demikian bantuan dari program KMS yang diberikan pemerintah Yogyakarta terhadap keluarga miskin untuk menangulangi masalah kemiskinan dirasa sudah tepat karena siswa dari keluarga penerima bantuan KMS telah melakukan aktivitas belajar disekolah dengan sungguhsungguh berkat dukungan dari orang tua dan tujuan siswa pemegang KMS. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti tentunya dapat dikembangkan kembali sampai sejauh mana ketepatan sasaran penerima bantuan KMS yang diberikan pemerintah Yogyakarta dalam memperbaiki kondisi ekomoni keluarga sehingga keluarga dapat hidup sejahtera.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Izzul Haq, S.Sos., M.Si 19810823 200901 1 007
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Siswa Pemegang KMS
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Sep 2016 08:40
Last Modified: 26 Sep 2016 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22065

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum