STUDI KOMPARATIF PERILAKU MORAL HAZARD DAN ADVERSE SELECTION PADA BANK UMUM DAN BANK UMUM SYARI'AH DI INDONESIA (SEBELUM DAN SESUDAH ADANYA SISTEM PENJAMINAN SIMPANAN

BINTI MASRUROH, NIM. 1120311012 (2016) STUDI KOMPARATIF PERILAKU MORAL HAZARD DAN ADVERSE SELECTION PADA BANK UMUM DAN BANK UMUM SYARI'AH DI INDONESIA (SEBELUM DAN SESUDAH ADANYA SISTEM PENJAMINAN SIMPANAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARATIF PERILAKU MORAL HAZARD DAN ADVERSE SELECTION PADA BANK UMUM DAN BANK UMUM SYARI'AH DI INDONESIA (SEBELUM DAN SESUDAH ADANYA SISTEM PENJAMINAN SIMPANAN)
1120311012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARATIF PERILAKU MORAL HAZARD DAN ADVERSE SELECTION PADA BANK UMUM DAN BANK UMUM SYARI'AH DI INDONESIA (SEBELUM DAN SESUDAH ADANYA SISTEM PENJAMINAN SIMPANAN)
1120311012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Lembaga perbankan merupakan institusi keuangan yang dibangun atas dasar kepercayaan dari masyarakat. Sistem perbankan yang sehat dan stabil diperlukan untuk menjaga keberlangsungan industri tersebut. Dalam rangka melindungi institusi perbankan dari dampak terjadinya krisis moneter, pemerintah Indonesia membentuk Lembaga Penjamin Simpanan yang memiliki fungsi menjamin dana nasabah penyimpan dana dan turut aktif dalam memelihara sistem perbankan sesuai dengan kewenangannya. Di sisi lain, kebijakan sistem penjaminan simpanan memberikan peluang untuk mendorong bank melakukan tindakan yang merugikan Lembaga Penjamin Simpanan. Berawal dari hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tentang perilaku moral hazard dan adverse selection pada lembaga perbankan di Indonesia sebelum dan sesudah adanya sistem penjaminan simpanan. Penelitian ini merupakan penelitian studi komparatif dengan obyek penelitian adalah Bank Umum dan Bank Umum Syariah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data sekunder laporan keuangan Bank Indonesia selama kurun waktu 2002 sampai dengan 2012. Perilakul moral hazard dan adverse selection pada lembaga perbankan di Indonesia ini dilihat dengan pendekatan Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Non Performing Loans (NPL). Semakin besar nilai Loan to Deposit Ratio (LDR) menggambarkan semakin besar pula perilaku moral hazard bank kepada Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Demikian juga dengan nilai Non Performing Loans (NPL), semakin besar nilai Non Performing Loans (NPL) menggambarkan semakin besar pula perilaku adverse selection bank kepada Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perilaku moral hazard dan adverse selection pada lembaga pebankan di Indonesia sesudah adanya sistem penjaminan simpanan. Perilaku moral hazard bank kepada Lembaga Penjamin Simpanan positif berbeda pada Bank Umum, sedangkan pada bank Umum Syariah negatif berbeda. Adapun mengenai perilaku adverse selection bank kepada Lembaga Penjamin Simpanan diperoleh hasil bahwa pada Bank Umum negatif berbeda, sedangkan pada Bank Umum Syariah positif berbeda. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada Lembaga Penjamin Simpanan untuk melakukan kajian kembali dan evaluasi terhadap kebijakan sistem penjaminan simpanan yang telah diterapkan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Drs. Akhsyim Affandi, MA.,P.hd
Uncontrolled Keywords: Sistem Penjaminan Simpanan, Moral Hazard, Adverse Selection
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 28 Sep 2016 08:48
Last Modified: 28 Sep 2016 08:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22087

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum