PRAKTEK JUAL-BELI AIR MINUM ISI ULANG DI KABUPATEN SLEMAN DALAM PERSPEKTIF KEPUTUSAN MENPRINDAG NO 651/MPP/KEP/10/2004 DAN ETIKA BISNIS SYARI’AH

FIRDAUS, SHI, NIM. 1220310064 (2016) PRAKTEK JUAL-BELI AIR MINUM ISI ULANG DI KABUPATEN SLEMAN DALAM PERSPEKTIF KEPUTUSAN MENPRINDAG NO 651/MPP/KEP/10/2004 DAN ETIKA BISNIS SYARI’AH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRAKTEK JUAL-BELI AIR MINUM ISI ULANG DI KABUPATEN SLEMAN DALAM PERSPEKTIF KEPUTUSAN MENPRINDAG NO 651/MPP/KEP/10/2004 DAN ETIKA BISNIS SYARI’AH)
1220310064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (PRAKTEK JUAL-BELI AIR MINUM ISI ULANG DI KABUPATEN SLEMAN DALAM PERSPEKTIF KEPUTUSAN MENPRINDAG NO 651/MPP/KEP/10/2004 DAN ETIKA BISNIS SYARI’AH)
1220310064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Industri air minum kemasan kini bukan dominasi perusahaan berskala global semata. efesiensi dan harga yang kompetitif memberikan ruang penetrasi pasar bagi industri air minum isi ulang (AMIU) dalam melakukan penetrasi pasar. Skala mobilisasi industri AIMU ditambah keterjangkauan pada lingkup wilayah serta letak geografis memberikan nilai lebih dibandingkan industri skala global dengan berbagai daya sales marketing (tingkat penjualan). Meskipun diakui industri AMIU butuh pengelolaan serta pengawasan mutu hingga proses jaringan distribusi guna melindungi kepentingan masyarakat. Karya ilmiah ini disusun untuk memahami industri AIMU dari aspek regulasi maupun prakteknya etika bisnis syariah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan praktik jual beli Air Minum Isi Ulang (AMIU) berdasarkan Keputusan Menperindag Nomor 651/MPP/KEP/10/2004) di Kabupaten Sleman Yogyakarta serta menjelaskan praktik jual beli air minum isi ulang (AMIU) berdasarkan pada perspektif etika bisnis Islam depo di Kabupaten Sleman Yogykarta. Pendekatan masalah yang penyusun gunakan adalah pendekatan secara yuridis-normatif artinya penelitian ini berangkat dari latar belakang masalah yang ada kemudian ditinjau dengan perspektif yuridis (Keputusan Menperindag Nomor 651/MPP/KEP/10/2004 tentang Teknis Depot Air Minum dan Perdagangannya) serta diinterkoneksikan dengan perspektif etika bisnis syari’ah sebagai landasan aplikatif memahami praktik jual beli air minum isi ulang (AMIU), Sedangkan hasil pada penelitian ini adalah pertama, praktik jual beli air minum isi ulang (AMIU) di Depot Air Minum Isi Ulang di Kabupaten Sleman ditinjau dari Keputusan Menperindag No.651/MPP/KEP/10/2004) dari aspek legalitas, aspek operasional, dan ketentuan pengawasan, sebagian besar responden telah melakukan kegiatan usaha sesuai dengan aturan yang berlaku, meskipun dibeberapa hal meliputi penggunaan wadah polos dan segel tutup masih ditemukan pelanggaran oleh beberapa depot. Kedua, praktik jual beli air minum isi ulang (AMIU) di Depot Air Minum Isi Ulang di Kabupaten Sleman dalam perspektif etika bisnis Islam yang terdiri dari Kesatuan (tauhid), Kebebasan kehendah, keseimbangan, tanggungjawab, dan kebajikan telah terjewantahkan dalam aktivitas bisnis, namun beberapa persoalan seperti pengelapan merek masih kerap dilakukan oleh beberapa pengelola

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Syafiq Mahmadah Hanafi, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Air Minum Isi Ulang, Etika Bisnis Syariah
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 28 Sep 2016 09:16
Last Modified: 28 Sep 2016 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22090

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum