KONSTRUKSI WACANA KESETARAAN GENDER DAN KETIMPANGAN BUDAYA PEREMPUAN BERCADAR DALAM NOVEL AKULAH ISTRI TERORIS KARYA ABIDAH EL-KHALIEQY

RAHMAWATI, NIM. 12210020 (2016) KONSTRUKSI WACANA KESETARAAN GENDER DAN KETIMPANGAN BUDAYA PEREMPUAN BERCADAR DALAM NOVEL AKULAH ISTRI TERORIS KARYA ABIDAH EL-KHALIEQY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSTRUKSI WACANA KESETARAAN GENDER DAN KETIMPANGAN BUDAYA PEREMPUAN BERCADAR DALAM NOVEL AKULAH ISTRI TERORIS KARYA ABIDAH EL-KHALIEQY)
12210020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (KONSTRUKSI WACANA KESETARAAN GENDER DAN KETIMPANGAN BUDAYA PEREMPUAN BERCADAR DALAM NOVEL AKULAH ISTRI TERORIS KARYA ABIDAH EL-KHALIEQY)
12210020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Novel merupakan salah satu karya sastra yang dapat dijadikan sebagai media komunikasi. Salah satunya melalui novel. Pada novel berjudul Akulah Istri Teroris, mengangkat isu mengenai kesetaraan gender dan ketimpangan budaya kalangan perempuan bercadar. Abidah selaku penulis novel, menggambarkannya dengan diskriminasi dan pelabelan negatif. Menggunakan metode analisis Sara Mills untuk mengetahui bagaimana penggambaran ketidakadilan dan ketimpangan budaya. Sehingga dapat menentukan konstruksi yang melatarbelakangi dan yang dihadirkan penulis kepada pembaca. kesimpulan terdapat konstruksi wacana kesetaraan gender yang diangkat berdasarkan melalui penggambaran ketidakadilan gender melalui tokoh Ayu yang mengakibatkan ketidaksetaraan gender karena Abidah memasukkan gagasan pembelaan dan penggambaran dampak yang harus diterimanya. Abidah juga ingin menyampaikan bahwa kesetaraan gender harus mencakup semua kalangan dan dapat dimulai dari lingkup yang kecil yakni keluarga. Ketimpangan budaya yang Abidah tampilkan dalam novel tersebut, dihadirkannya melalui sikap diskriminasi dan pandangan miring melalui tokoh-tokoh yang dihadirkan terutama melalui tokoh utama. Melalui penggambaran sikap diskriminasi dan pandangan miring maka Abidah ingin menyampaikan bahwa masuknya suatu kebudayaan baru bukan dibandingkan namun bisa menjadi bahan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Khadiq. S.Ag. M.Hum
Uncontrolled Keywords: Konstruksi Wacana, Kesetaraan Gender, Ketimpangan Budaya
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Sep 2016 15:23
Last Modified: 24 Nov 2016 11:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22121

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum