STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH USTADZ RESTU SUGIHARTO MELALUI PESANTREN USTADZ CINTA

SALSABILA KHOIRUN NISA, NIM. 12210108 (2016) STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH USTADZ RESTU SUGIHARTO MELALUI PESANTREN USTADZ CINTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH USTADZ RESTU SUGIHARTO MELALUI PESANTREN USTADZ CINTA)
12210108_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (22MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH USTADZ RESTU SUGIHARTO MELALUI PESANTREN USTADZ CINTA)
12210108_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dalam komunikasi dakwah, seorang da’i yang bertindak sebagai komunikator memegang peranan penting dalam mencapai keberhasilan penyampaian pesan dakwah. Seorang da’i perlu mempunyai metode atau sarana dakwah yang efektif, sehingga ia dapat menyampaikan dakwahnya secara bijak dan arif. Ustadz Restu Sugiharto menerapkan metode penyampaian dakwah melalui Lembaga Pendidikan Pesantren Ustadz Cinta, dengan memberikan pengajaran Islam berbasis masyarakat secara gratis untuk semua kalangan usia. Dalam kurun waktu 3 tahun setelah didirikan, Pesantren Ustadz Cinta mampu menarik respon positif dari ratusan masyarakat melalui variasi kegiatan yang dibentuk. Hal inilah yang menarik perhatian peneliti untuk mengamati lebih jauh tentang bagaimana strategi komunikasi dakwah yang diterapkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data, meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan merupakan penggabungan antara teori perencanaan komunikasi dengan teori strategi komunikasi menurut R. Wayne Pace, Brent D. Peterson dan M. Dallas Burnett. Hasil dari penggabungan teori tersebut menghasilkan uraian langkah perencanaan dan lima strategi komunikasi dakwah yaitu memastikan pemahaman, memberikan pembinaan terhadap penerimaan, memberikan motivasi, membuat rencana komunikasi, dan mengukur pencapaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi dalam memastikan pemahaman komunikan terhadap pesan dakwah yang diterima dilakukan dengan memilih metode pemahaman dan melakukan uji pemahaman. Kemudian dalam memberikan pembinaan terhadap penerimaan pesan dengan cara mengontrol konsistensi keikutsertaan komunikan dalam kegiatan dan membentuk kegiatan tambahan berdasarkan kebutuhan. Untuk memberikan motivasi kepada komunikan bentuk nyatanya dengan menerapkan dua prinsip khusus, Leadership dan Creative. Kemudian dalam membuat rencana komunikasi tindakannya dengan menerapkan prinsip SMS (Sesegera mungkin, Memulai dari yang memungkinkan, Sederhana). Terakhir, dalam mengukur pencapaian, strategi yang diterapkan adalah dengan menentukan change evaluation.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Abdul Rozak, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Komunikasi Dakwah
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Sep 2016 15:29
Last Modified: 24 Nov 2016 11:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22125

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum