REKONSILIASI KONFLIK DALAM KELUARGA (STUDI KOMPARASI LEMBAGA KONSULTAN RUANG SAHABAT KELUARGA DAN RIFKA ANNISA WOMEN CRISIS CENTRE DI YOGYAKARTA)

LAILI SHOFIYA KURNIAWATI, NIM. 1420310079 (2016) REKONSILIASI KONFLIK DALAM KELUARGA (STUDI KOMPARASI LEMBAGA KONSULTAN RUANG SAHABAT KELUARGA DAN RIFKA ANNISA WOMEN CRISIS CENTRE DI YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REKONSILIASI KONFLIK DALAM KELUARGA (STUDI KOMPARASI LEMBAGA KONSULTAN RUANG SAHABAT KELUARGA DAN RIFKA ANNISA WOMEN CRISIS CENTRE DI YOGYAKARTA))
1420310079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (REKONSILIASI KONFLIK DALAM KELUARGA (STUDI KOMPARASI LEMBAGA KONSULTAN RUANG SAHABAT KELUARGA DAN RIFKA ANNISA WOMEN CRISIS CENTRE DI YOGYAKARTA))
1420310079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (857kB)

Abstract

Idealnya dalam sebuah perkawinan adalah terciptanya kehidupan rumah tangga yang sakinah, mawadah, dan rahmah, namun pada kenyataannya dalam sebuah perkawinan tidak akan luput dari permasalahan. Permasalahan dalam rumah tangga seringkali tidak bisa diselesaikan dengan sendiri oleh pasangan suami isteri tersebut. Hal ini dinilai sangat memprihatinkan sehingga diperlukan adanya media yang dapat membantu mengatasi segenap permasalahan yang dihadapi suami istri. Penelitian ini membahas tentang rekonsiliasi konflik dalam keluarga dengan mengkomparasikan dua lembaga konsultan yakni Ruang Sahabat Keluarga dan Rifka Annisa Woman Crisis Centre. Fokus dari tesis ini, pertama; mengetahui pola penyelesaian konflik pada Lembaga Konsultan Ruang Sahabat Keluarga dan Rifka Annisa Woman Crisis Centre dalam merekonsiliasi konflik yang terjadi dalam sebuah keluarga, kedua; untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan lembaga konsultan dalam penyelesaian konflik dalam keluarga. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dalam hal ini data maupun informasi lapangan bersumber dari lembaga konsultan Ruang Sahabat Keluarga dan Rifka Annisa Woman Crisis Centre sebagai lembaga non stuktural di Yogyakarta. Sedangkan penelitian ini bersifat deskriptif-komparatif dengan pendekatan sosiologis normatif. Metode analisis yang dipakai adalah analisis dreskriptif komparatif. Penelitian ini, penyusun menyimpulkan bahwa, a) Pola penyelesaian konflik pada lembaga konsultan Ruang Sahabat Keluarga dan Rifka Annisa Woman Crisis Centre menggunakan pola konseling dan pola pendampingan. Ruang Sahabat Keluarga bertindak sebagai pihak ketiga yang terlibat langsung membantu klien untuk menyelesaikan konflik dalam rumah tangganya dengan metode konseling serta dilakukan pendampingan secara psikologis. Dengan menggunakan metode seperti ini Ruang Sahabat Keluarga telah mencapai keberhasilan 90% dalam mendamaikan kedua belah pihak yang berkonflik. Namun segala keputusan tetap diserahkan kepada klien ingin rujuk kembali atau berpisah namun secara damai. Sedangkan yang Rifka Annisa Woman Crisis Centre juga bertindak sebagai konsiliator yang menengahi permasalahan rumah tangga kliennya. Dalam pola penyelesaian konflik keluarga Rifka Annisa juga menggunakan pola konseling dan pendampingan sama denagan Ruang Sahabat Keluarga. Namun pada Rifka Annisa memberikan konseling kepada klien tidak hanya secara psikologis namun juga ada konsultasi dan pendampingan hukumnya. Rifka Annisa lebih banyak menghadapi kasus-kasus kekerasan dan yang menjadi korban kebanyakan adalah peremmpuan dan anak. Dalam kasus rumah tangga Rifka Annisa menggunakan metode couple counseling secara terpisah antara pihak suami maupun isteri. Dengan menggunakan pola di atas tingkat keberhasilan yang dicapai dengan perbandingan 70% untuk konseling perempuannya dan 30% untuk konseling laki-lakinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Sodik, S.Sos,.M.Si,
Uncontrolled Keywords: Rekonsiliasi, Konflik, dan Keluarga.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Oct 2016 08:25
Last Modified: 04 Oct 2016 08:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22180

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum