POLA RELASI KELUARGA DESA BINAAN KELUARGA SAKINAH: STUDI KASUS KELUARGA PADUKUHAN POGUNG KIDUL, SINDUADI, MLATI, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

MAWARDI, NIM. 1420311007 (2016) POLA RELASI KELUARGA DESA BINAAN KELUARGA SAKINAH: STUDI KASUS KELUARGA PADUKUHAN POGUNG KIDUL, SINDUADI, MLATI, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA RELASI KELUARGA DESA BINAAN KELUARGA SAKINAH: STUDI KASUS KELUARGA PADUKUHAN POGUNG KIDUL, SINDUADI, MLATI, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
1420311007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (POLA RELASI KELUARGA DESA BINAAN KELUARGA SAKINAH: STUDI KASUS KELUARGA PADUKUHAN POGUNG KIDUL, SINDUADI, MLATI, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
1420311007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keluarga sakinah dipahami sebagai keluarga yang dibina atas perkawinan yang sah, mampu memenuhi kebutuhan hidup, baik spiritual maupun material secara layak dan seimbang. Kehidupan keluarga penuh dengan nilai-nilai agama dan saling membantu dengan tetangga. Namun demikian tidaklah mudah untuk membangun sebuah keluarga yang sakinah. Ada usaha-usaha yang ditempuh. Pemerintah, dalam hal ini Kementrian Agama ikut andil dalam pembentukan masyarakat yang dipenuhi dengan keluarga-kelurga yang harmonis (sakinah). Program Desa Binaan Keluarga Sakinah (DBKS) merupakan program yang dirancang untuk meningkatkan kualitas keluarga, terutama dalam bidang agama, namun tidak luput juga pendidikan, ekonomi, dan kesehatan keluraga. Penelitian ini membahas bagaimana pola relasi keluarga desa binaan keluarga sakinah yang ada di Padukuhan Pogung Kidul, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Penelitian dalam tesis ini merupakan penelitian lapangan (field research), Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologi, dengan mengamati, dan observasi bagaimana relasi-relasi yang dibangun pada keluarga DBKS yang ada di Padukuhan Pogung Kidul, Sinduadi, Mlati, Slemanm Yogyakarta. Penekanan dalam penelitian ini adalah pada pola relasi suami dengan istri, yang dipadukan dengan 4 pola perkawinan yang usung oleh Scanzoni; Owner property, head complement, senior junior partner, dan equal partner. Selanjutnya pada pola relasi orang tua dengan anak dipadukan dengan 4 pola pengasuhan orang tua terhadap anak yang di usung oleh Baumrind; Authoritative, Authoritarian, Permissive, dan Rejecting-neglectin. Serta pola relasi keluarga dengan tentagga menggunakan teori struktural fungsional Talcott Parsons. Dengan pola dan teori yang ada akan dijelaskan bagaimana pola relasi keluarga desa binaan keluarga sakinah di Padukuhan Pogung Kidul, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Dari hasil penelitian, relasi yang terbentuk antara suami dan istri keluarga DBKS Padukuhan Pogung Kidul adalah relasi yang seimbang, sebagian besar suami istri bekerja di sektor publik, dan sebagian besar mengerjakan pekerjaan domestik secara bersama-sama. Namun pendapatan suami tetap lebih besar dibanding istri. Relasi antara anak dengan orang tua dibangun di atas kasih sayang, anak tidak pernah mengambil keputusan sendiri tanpa sepengetahuan orang tua, sebagian besar orang tua tidak mengekang apa yang menjadi keinginan anak. Kehidupan sosial keluarga DBKS dengan tetangga didasarkan rasa tolong menolong dan gotong royong, tidak adanya konflik-konflik yang menimbulkan permusuhan, serta kehidupan keberagamaan yang rukun, damai, dan aman.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sri Wahyuni, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: keluarga sakinah, pola relasi, dan sosiologis
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Oct 2016 08:23
Last Modified: 06 Oct 2016 08:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22245

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum