PERAN ISTRI SEBAGAI PENCARI NAFKAH UTAMA DALAM KELUARGA DI DESA DANYANG KABUPATEN PONOROGO ( TELAAH KOMPILASI HUKUM ISLAM DAN COUNTER LEGAL DRAFT-KHI )

MUHAMMAD SAJIDIN, NIM : 11360012 (2016) PERAN ISTRI SEBAGAI PENCARI NAFKAH UTAMA DALAM KELUARGA DI DESA DANYANG KABUPATEN PONOROGO ( TELAAH KOMPILASI HUKUM ISLAM DAN COUNTER LEGAL DRAFT-KHI ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN ISTRI SEBAGAI PENCARI NAFKAH UTAMA DALAM KELUARGA DI DESA DANYANG KABUPATEN PONOROGO ( TELAAH KOMPILASI HUKUM ISLAM DAN COUNTER LEGAL DRAFT-KHI ))
11360012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN ISTRI SEBAGAI PENCARI NAFKAH UTAMA DALAM KELUARGA DI DESA DANYANG KABUPATEN PONOROGO ( TELAAH KOMPILASI HUKUM ISLAM DAN COUNTER LEGAL DRAFT-KHI ))
11360012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (773kB)

Abstract

Permasalahan yang kompleks dalam kehidupan masyarakat modern sekarang ini telah menyebabkan terjadinya banyak perubahan fungsi dan peran dalam tatanan masyarakat, khususnya dalam kehidupn rumah tangga. Masalah ekonomi keluarga misalnya, karena tuntutan pemenuhan kebutuhan rumah tangga serta tidak mampunya suami memenuhi nafkah keluarga menyebabkan banyak istri yang bekerja, baik di dalam maupun di luar negeri. Tanah yang kurang subur serta minimnya lahan pekerjaan di desa tersebut telah menyebabkan penduduknya banyak yang bekerja di luar negeri, baik laki -laki maupun perempuan. Hal ini menyebabkan terjadinya keterbalikan peran serta fungsi dalam rumah tangga, di mana istri bekerja mencari nafkah keluarga sedangkan suami mengurus rumah tangga. Fenomena sosial yang terjadi dalam kehidupan sangatlah banyak misalnya, di Desa Danyang Kabupaten Ponorogo, terdapat realitas kehidupan masyarakat sangat menarik untuk dikaji dan dijadikan suatu penelitian oleh penyusun. Dalam hal ini, penyusun melihat dan mengamati bahwasanya banyak keluarga di daerah tersebut yang sebagian besar istrinya berperan sebagai tulang punggung ekonomi keluarga, sementara kegiatan para suami sehari-hari bertugas mencari tambahan dan menjaga anak-anaknya. Jenis Penelitian ini yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan di tengah-tengah masyarakat maupun kelompok tertentu, dimana peneliti terjun langsung pada masalah yang diteliti, Sifat penelitian yang digunakan penyusun adalah deskriptif-analitik-komparatif, yaitu penelitian yang menggambarkan realita yang ada dan menganalisis faktor peran isteri sebagai pencari nafkah utama dalam keluarga, kemudian dianalisis dan dikomparasikan dengan pandangan pemikiran kedua hukum tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis-normatif. Pendekatan yuridis yaitu data yang diperoleh kemudian dari KHI dan CLD KHI. Pendekatan normatif adalah analisis bedaraskan hukum Islam yang bersumber dari al-Qur’an, Hadist, Kaidah Fiqh, dan pandangan para Ulama. Adapun hasil dari analisis yang penyusun lakukan adalah pada dasarnya istri bekerja itu hukumnya boleh, akan tetapi untuk kasus yang ada di Desa Danyang Kabupaten Ponorogo penyusun berpendapat lain, karena bedasarkan kaidah Fiqhiyah yang mengatakan meninggalkan kemafsadatan lebih diutamakan dari pada mendatangkan kemaslahatan, sesuai dengan penelitian penyusun bahwasanya dengan bekerja menimbulkan mudarat diantaranya adalah ketidak jelasan kedudukan suami istri, ketimpangan peran, hak seksualitas sumi istri tidak terpenuhi dengan baik, anak kurang diperhatikan. Maka dengan demikian sesuai dengan kaidah tersebut istri lebih utama dirumah, sehingga tujuan dari pernikahan terwujud yaitu membina keluarga yang sakinah mawwadah dan rahmah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. ABD . HALIM, M. Hum
Uncontrolled Keywords: Istri, nafkah, keluarga
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Oct 2016 08:20
Last Modified: 10 Oct 2016 08:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22251

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum